Lightroom tidak Bisa Dibuka? Coba 4 Cara Mudah Berikut

Lightroom tidak bisa dibuka

Ketika sedang melakukan editing foto atau gambar, Anda tentu ingin semua prosesnya berjalan dengan lancar. Adobe Lightroom merupakan salah satu aplikasi yang cukup banyak menjadi andalan para editor, dan barangkali juga Anda. Namun, ada kalanya aplikasi lightroom tidak bisa dibuka, sehingga akan menggangu proses editing yang Anda lakukan.

Jika masalah itu terjadi pada Anda, tentu akan membuat tidak nyaman bahkan panik, bukan? Tenang saja, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lightroom error. Simaklah penjelasan berikut.

Kenapa Lightroom tidak Bisa Dibuka?

Barangkali Anda menghadapi kondisi tak terduga saat menggunakan Adobe Lightroom. Tiba-tiba aplikasi lightroom eror, padahal sebelumnya baik-baik saja. Bahkan, aplikasi itu tak bisa Anda buka, apa lagi menggunakannya untuk edit foto dan gambar.

Lebih buruknya, dalam beberapa kasus, update aplikasi lightroom tersebut juga tidak bisa pengguna pakai. Kenapa bisa demikian? Berikut beberapa kemungkinannya.

1. Low device

Low Device atau Low Memories adalah kondisi kemampuan perangkat atau penyimpanan yang lemah. Dengan kata lain, perangkat maupun ruang penyimpanan pada smartphone Anda sudah minim atau bahkan penuh. Kondisi itu bisa membuat Adobe Lightroom tidak bisa dibuka karena tidak ada tempat untuk aplikasi.

2. RAM penuh

Penyebab lain yang sering terjadi adalah RAM penuh, terutama jika Anda menggunakan smartphone dengan RAM kecil.

3. Perangkat terlalu panas

Menggunakan aplikasi terlalu lama dapat memaksa sistem untuk beristirahat. Maka tidak heran jika tiba-tiba terjadi force closed, termasuk lightroom tidak dapat dibuka.

4. Terjadi file corrupt

Ketika Anda mengunduh aplikasi dengan jaringan yang kurang stabil, bisa jadi menyebabkan file corrupt atau rusak.

5. Menggunakan aplikasi bajakan

Salah satu alasan kenapa Anda tidak sebaiknya menggunakan aplikasi bajakan adalah adanya potensi bug atau kerusakan. Itu juga bisa menyebabkan aplikasi seperti Adobe Lightroom tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi Lightroom Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui beberapa penyebab masalah lightroom di atas, berikut adalah beberapa cara mengatasinya:

1. Bersihkan memori internal

Lightroom cannot open bisa terjadi karena sisa ruang pada memori sangat minim atau bahkan habis. Maka dari itu, membersihkan memori internal akan memberi ruang untuk aplikasi Adobe Lightroom beroperasi lebih optimal.

Anda bisa menghapus file-file yang tidak begitu penting yang ada pada memori internal Anda. Jika sudah, coba jalankan kembali aplikasi Adobe Lightroom tersebut. Jika tetap saja lightroom tidak bisa dibuka, maka lakukan langkah lain untuk mengatasinya.

2. Bersihkan RAM pada Smartphone

RAM  (Random Access Memory) menjadi tempat untuk menyimpan sementara file atau data pada smartphone Anda. Fungsi perangkat ini di antaranya untuk mempercepat proses pendataan dan membantu menjalankan aplikasi.

Ketika RAM pada ponsel terlalu penuh, maka wajar saja aplikasi tidak bisa berjalan dengan optimal. Penyebabnya, biasanya karena terlalu banyak aplikasi berjalan di latar belakang atau yang terpasang pada perangkat.

Untuk menerapkan cara ini guna menjalankan lightroom, Anda hanya perlu membersihkan RAM melalui menu pengaturan. Anda bisa menghapus data dan cache aplikasi yang tidak begitu Anda butuhkan, bahkan menghapus aplikasi yang terlalu berat.

3. Istirahatkan HP dan restart

Kondisi handphone yang terlalu panas dapat menganggu pengoperasian aplikasi. Maka tidak heran Adobe Lightroom tidak bisa dibuka ketika Anda terlalu lama menggunakan smartphone. Kondisi ini juga berkaitan dengan RAM dan CPU pada HP, yang turut memengaruhi suhunya.

Ketika smartphone Anda terlalu panas atau overheat, ada baiknya Anda istirahatkan sejenak. Anda bisa mengurangi aktivitas ponsel dengan mematikan data internet atau mengaktifkan mode pesawat. Langkah restart juga bisa Anda butuhkan jika error masih terjadi.

4. Instal ulang aplikasi

Masalah yang terjadi tidak melulu karena handphone Anda, bisa juga karena aplikasi Lightroom itu sendiri. Bisa jadi terjadi file corrupt atau error saat Anda memasang update, sehingga masalah cannot open tidak dapat teratasi.

Untuk itu, menginstal ulang aplikasi bisa jadi solusi untuk Anda, dengan meng-unistall dan re-install aplikasi dengan mudah. Unduhlah pada laman resmi atau penyedia terpercaya, sehingga Anda terhindar dari aplikasi Lightroom bodong.

Demikianlah penjelasan mengenai kenapa Adobe Lightroom tidak bisa dibuka lengkap dengan cara mengatasinya. Sekarang Anda sudah bisa kembali melakukan editing foto dan gambar dengan nyaman.

Exit mobile version