Jangan Lengah! Ini 6 Kesalahan Buruk yang Membuat Ponsel Cepat Rusak

Kesalahan Membuat Ponsel Cepat Rusak

Palingit.com 6 Kesalahan Membuat Ponsel Cepat Rusak – Terkadang kita tidak menyadari kebiasaan buruk yang telah dilakukan berulang kali ketika memainkan ponsel. Nah, kebiasaan buruk tersebut dapat menurunkan kinerja ponsel bahkan memperburuknya.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada ponsel kesayangan kita, tentunya harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sih kesalahan yang membuat ponsel cepat rusak? Dan bagaimana cara menghindarinya?

Simak pembahasan singkat pada artikel kali ini dengan cermat agar hubunganmu dengan ponsel tetap awet dan tidak mudah rusak.

Kesalahan Membuat Ponsel Cepat Rusak

Berikut beberapa kebiasaan buruk membuat ponsel cepat rusak yang harus kamu ketahui ketika menggunakannya.

Mengunduh Sesuatu yang Tidak Jelas Sumbernya

Setidaknya dalam memainkan ponsel tentunya tidak dibantu oleh orang lain meskipun kita masih awam dalam mengetahui apa saja yang harus dihindari ketika berselancar daring pada ponsel.

Misalnya saja ketika ingin mengunduh aplikasi atau file dari situs web, kita mungkin tidak peduli dengan keamanan sesuatu yang akan diunduh.

Hal yang sering terjadi ketika mengunduh sesuatu dari situs web manapun adalah terlalu banyaknya iklan popup yang muncul berkali-kali dan seringnya kita tidak sesegera mungkin menutup tab iklan tersebut.

Tab iklan popup yang muncul harus secepat mungkin ditutup karena bisa saja akan membawakan virus pada ponsel kita, terlebih jika browser ponselmu mengizinkan iklan popup dan notifikasi iklan yang sangat mengganggu.

Mengisi Ulang Daya Baterai Sembarangan

Selain membuat baterai ponsel cepat rusak atau bahkan bocor, kebiasaan mengecas yang buruk dapat menurunkan kinerja ponsel dan merusak hardware hingga ponselmu akan mati total.

Nah, sebaiknya gunakanlah charger asli bawaan pabrik dan rawatlah dengan baik, jangan terlalu sering mengecas sambil memainkan ponsel terlebih lagi menjalankan aplikasi/game berat.

Membiarkan Ponsel Terpapar Sinar Matahari

Kamu mungkin suka berjemur sembari memainkan ponsel atau meletakkan ponsel ke saku celana sembari mendengarkan lagu melalui earphone. Namun, ponselmu sangat tidak menyukainya.

Paparan sinar matahari dapat membuat ponsel kepanasan dan usia baterai cepat rusak meskipun tidak berpengaruh dalam waktu dekat.

Selain itu, ketika ponselmu diletakkan dalam saku celana juga akan mengakibatkan ponsel cepat rusak karena tubuhmu juga menghasilkan panas dan tidak adanya sirkulasi udara.

Tidak Memperbarui Perangkat Lunak

Jangan malas apabila suatu saat muncul notifikasi pembaruan perangkat lunak karena hal ini sangat penting bagi ponsel kesayanganmu.

Pihak produsen tentunya punya alasan sendiri mengapa peranti lunak ponsel harus sesegera mungkin diperbarui misalnya untuk meningkatkan keamanan ponsel, mencegah ancaman virus, serta adanya fitur baru.

Jarang Membersihkan File Sampah pada Ponsel

Membersihkan file sampah seperti cache ataupun media yang sudah tidak berguna sangatlah penting untuk menjaga keawetan eMMC/UFS pada ponselmu.

Apabila penyimpanan internal ponselmu seringkali penuh maka tidak menutup kemungkinan gadget kesayangan kamu akan mengalami lag dan terjadi kerusakan.

Oleh karena itu, mulailah bersihkan file sampah dengan cara manual maupun otomatis lewat aplikasi cleaner bawaan. Jaga agar storage ponsel tetap aman setidaknya sisakan 10% dari total ruang penyimpanan.

Jarang Merestart Ponsel

Seperti halnya penyimpanan internal, RAM juga dapat menyebabkan ponsel menjadi lag apabila hp tidak pernah disegarkan ulang (restart) secara berkala.

Dengan merestart ponsel maka beberapa tumpukan aplikasi akan ditutup dan dapat melegakan kapasitas RAM pada ponselmu.

Selain mengurangi lag, merestart ponsel juga menghindari adanya kesalahan buruk pada software sistem akibat terlalu lama beroperasi.

Akhir Kata

Demikianlah artikel singkat mengenai kesalahan buruk yang membuat ponsel cepat rusak. Mulai dari sekarang, hindari kebiasaan buruk tersebut dan rajinlah merawat ponsel agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Exit mobile version