Fungsi dan Seberapa Penting RAM Virtual di HP serta Cara Menambahkannya!

fungsi ram virtual

Palingit.com – RAM virtual adalah solusi untuk ponsel yang tidak memiliki banyak ram fisik, ketahui apa saja fungsi ram virtual dan bagaimana cara membuatnya di sini! Ponsel telah dilengkapi dengan ram fisik dengan ukuran GB tertentu. Namun seiring perkembangan zaman, sekarang Anda dapat menambah ram virtual. RAM virtual tentunya berbeda dengan ram fisik yang sudah tersedia di ponsel itu sendiri.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan ram virtual? Apa saja fungsi dan bagaimana cara menambahnya? Untuk penjelasan terkait ram virtual silakan Anda simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu RAM Virtual?

Ram merupakan singkatan dari random acces memory yang dikhususkan untuk menyimpan seperangkat komputasi sementara. Sebagai contoh sederhananya adalah, mobil yang melaju di jalan tol, maka ram bisa diartikan sebagai rest area-nya.

Setiap ponsel pastinya sudah dibekali ram fisik atau ram bawaan. Namun Anda dapat menambah ram sendiri dengan sebutan istilahnya ram virtual. Ram jenis ini adalah ram yang dibuat dengan mengambil sedikit ruang pada memori penyimpanan internal.

Sehingga, sebagian kecil dari proses komputasi tersebut akan disimpan pada ram virtual. Cara ini mungkin untuk dilakukan sehingga diharapkan bisa meningkatkan kinerja smartphone yang memang memiliki sedikit ram fisik.

Fungsi RAM Virtual

Setelah kita mengetahui pengertiannya, lalu apa fungsi dan manfaat ram virtual?  Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan ram jenis ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Virtual Memory

Sistem Android memang didesain dapat di-edit sesuai dengan keinginan. Namun tentu untuk melakukan ini maka ponsel Anda harus berada dalam kondisi root. Namun perhatikan juga bahwa tidak semua HP bisa menjalankan virtual ram berikut cara membuat virtual memory di ponsel android:

  1. Langkah pertama silakan download aplikasi Apps2sd All In One Tools di Playstore secara gratis.
  2. Install dan silakan buka aplikasi.
  3. Jika sudah nanti Anda akan melihat menu Swap Manager, silakan pilih.
  4. Kemudian langkah selanjutnya pilih tanda + yang berada pada ujung kanan aplikasi.
  5. Nah nanti di tab size, silakan pilih berapa ukuran memori yang ingin digunakan.
  6. Disarankan hanya gunakan memori sebesar 1024 MB, namun ini tergantung dengan pilihan Anda sendiri.
  7. Jika sudah masuk di tab select folder, silakan pilih di mana ingin menyimpan data swap-nya. Disarankan untuk memilih SD card bukan di internal card.
  8. Klik Oke dan silakan menunggu hingga proses penambahan memori virtual selesai.

Kelemahan Menggunakan Virtual Memory

Virtual memory adalah solusi alternatif dari menambah ram itu sendiri. Karena sifatnya alternatif maka jangan terlalu berharap ini akan menjadi solusi yang memuaskan. Hal tersebut karena ram fisik dan ram virtual memang memiliki tujuan yang sama namun dibuat dengan cara berbeda.

Sudah pasti ram fisik akan lebih unggul karena dibuat secara khusus untuk menyimpan komputasi sementara. Adapun virtual ram yang dibuat dari memori eksternal sejati untuk menyimpan data secara konstan dan berkelanjutan.

Pada intinya, jika ingin menambah kinerja ponsel yang lebih baik, maka lakukanlah upgrade ram secara fisik. Atau bisa kita artikan untuk membeli ponsel yang baru dengan ram yang lebih tinggi.

Penutup

Fungsi dan cara menambah ram virtual bisa menjadi alternatif untuk meningkat sedikit dari performa HP. Ikuti langkah-langkah dan tutorial di atas, lalu lihat bagaimana ponsel Anda dapat bekerja lebih baik. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Exit mobile version