Fungsi NFC Pada Handphone yang Harus Anda Tahu

fungsi NFC pada handphone

Palingit.com – NFC atau Near Field Communication merupakan salah satu teknologi masa kini yang banyak dikembangkan pada ponsel pintar Anda. Namun, masih banyak orang awam yang belum tahu fungsi NFC pada handphone itu sebenarnya untuk apa.

NFC memiliki banyak kegunaan, sehingga memungkinkan telepon genggam Anda semakin canggih. Teknologi satu ini memiliki banyak peran penting dalam pembayaran elektronik, tanpa menggunakan uang fisik. Untuk itu, mari kita perdalam lagi apa itu NFC dan kegunaannya.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu NFC

Sesuai dengan kepanjangan NFC itu sendiri pada alinea pertama, fitur satu berfungsi untuk menghubungkan dua perangkat dengan tujuan bertukar data. Dengan begitu, Anda atau pengguna lainnya tidak perlu memakai kabel atau apapun saat melakukan pemindahan data.

Karena jaman yang semakin maju dan canggih, NFC sudah pasti sudah terinstall pada smartphone keluaran terbaru dari tahun ke tahun. Bahkan fitur satu ini sudah seperti aplikasi bawaan handphone yang harus sudah terpasang begitu perangkatnya sudah siap dipakai.

5 Fungsi Sebuah NFC Pada Handphone

Agar semakin jelas, berikut beberapa fungsi NFC pada handphone secara umum yang perlu Anda ketahui.

1. Memudahkan Pertukaran Data Dari Komputer ke Handphone

Dengan adanya NFC, proses pemindahan data dari komputer ke perangkat smartphone akan semakin mudah. Jika biasanya Anda harus memakai Bluetooth, kabel data, atau bahkan flashdisk, kini Anda tidak memerlukannya.

Caranya cukup mudah, dekatkan perangkat komputer dengan smartphone Anda. Tinggal tunggu hingga terkoneksi, lalu data yang Anda inginkan akan dengan cepat terpindah dari komputer ke smartphone Anda, begitu pun sebaliknya.

2. Memudahkan Pemindahan Data Pada Sesama Handphone

Pemindahan data dengan cepat tidak hanya bisa dilakukan dari komputer, dari sesama handphone pun juga dapat dilakukan dengan fitur NFC. Caranya juga sama, cukup dengan mendekatkan dua perangkat yang akan saling bertukar data.

3. NFC Tag

Fungsi NFC pada handohone selanjutnya adalah adanya NFC Tag. Seringkali smartphone keluaran terbaru terdapat sebuah sticker kecil yang menandakan bahwa ponsel tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi canggih dari NFC.

Sticker tag tersebut hamper memiliki fungsi yang sama persis dengan QR Code, hanya beda dalam penerapannya. Jika QR Code perlu dipindai dengan kamera, sedangkan NFC Tag hanya perlu mendekatkannya saja pada perangkat yang diperlukan.

4. Mempermudah Menangkap Sinyal Wifi

Banyak pengguna smartphone yang kini mulai beralih pada Wifi. Selain harganya yang relatif murah, hal tersebut dikarenakan penggunaannya yang seakan seperti paket data unlimited. Tapi kekurangannya Anda hanya bisa menggunakan Wifi dalam radius beberapa meter saja.

Dalam dunia Wifi, NFC cukup berperan penting dalam penggunaan mode Wifi itu sendiri. Dewasa ini semakin banyak Wifi porter, tinggal tempelkan smartphone NFC Anda pada Wifi porter dan ponsel akan otomatis terhubung dengan Wifi.

5. Mempermudah Transaksi Cashless

Fungsi NFC pada handphone yang terakhir, yakni semakin mudahnya bertransaksi secara cashless. Banyak bank di Indonesia, baik bank negara maupun swasta yang mulai memberlakukan sistem penarikan tunai dengan menggunakan metode tanpa kartu.

Saat Anda lupa membawa kartu kredit namun tidak ada tunai, Anda bisa bertransaksi secara cashless alias tanpa menggunakan kartu. Cukup tempelkan handphone Anda pada perangkat, tag, atau alat tertentu dan pembayaran Anda akan teratasi dengan mudah.

Itu tadi fungsi NFC pada handphone yang sangat mempermudah pengguna ponsel pintar. Jika diteliti lebih lanjut, fitur NFC sangat berpengaruh besar pada transaksi yang memerlukan kartu atau kode tertentu, demi terselesaikannya transaksi tersebut.

Kini dengan adanya teknologi satu ini, Anda tidak perlu lagi membawa banyak kartu atau menghafal kode-kode rumit pada alat pembayaran elektronik Anda. Cukup tempelkan saja smartphone Anda dan NFC akan menjalankannya. Selamat mencoba.

Exit mobile version