5 Fitur Baru Android 12, Menjadikan Personalisasi Lebih Mudah!

Fitur Baru Android 12

Palingit.com – Fitur Baru Android 12 – Android merupakan sistem operasi yang paling banyak dikenal di belahan dunia manapun, termasuk Tanah Air Indonesia. Google secara resmi baru saja memperkenalkan versi Android terbarunya, yakni Android 12.

Pada versi beta ini, pihak Google memperkenankan para konsumennya mengenali beberapa gambaran sejumlah fitur baru yang akan datang diperilisan nanti.

Android 12 membawa perubahan besar dari segi desain dan fitur selama sejarah perkembangnya Android. Pihak Google merombak ulang demi kenyamanan pengalaman pengguna mulai dari warna, bentuk, cahaya, serta gesture.

Nah, dengan demikian Android 12 nantinya mampu dikatakan lebih dinamis, ekspresif, dan personal dibandingkan sebelumnya.

Fitur Baru Android 12

Berikut beberapa fitur dan pembaruan yang ditawarkan oleh Android 12 sebagaimana sistem operasi tersebut memang selalu berkaitan dengan personalisasi, layanan, dan pengalaman untuk penggunanya.

Personalisasi Penuh

Personalisasi Android 12

Pada pembaruan kali ini pengguna Android 12 dapat sepenuhnya mempersonalisasi kustom palet sesuai selera, Google menyebut bahasa desain baru ini sebagai “Material You”.

Tidak perlu memakai tema lagi, dengan fitur ini pengguna cukup memilih wallpaper untuk diterapkan maka secara otomatis sistem menyesuaikan tampilan smartphone sesuai warna yang lebih dominan.

Misalnya, apabila pengguna mengatur wallpaper yang mempunyai dominan warna biru maka keseluruhan warna seperti panel notifikasi dan navigasi akan turut berubah menjadi warna biru ataupun yang lebih dekatnya.

Panel Notifikasi Baru

Panel Notifikasi Baru Android 12

Menu panel cepat atau Quick Tiles pada Android 12 juga akan mendapat beberapa perombakan yang cukup signifikan.

Contohnya ketika pengguna menggulirkan bilah notifikasi layar ponselnya ke bawah, dari situ bisa menemui segenap menu berbentuk kotak.

Meskipun terdapat beberapa OS Kustom yang memang sudah menerapkannya terlebih dahulu, namun tentunya pada perombakan kali ini Android versi terbaru bakal tampil lebih cantik.

Area pull-down juga tidak lagi transparan, melainkan menggunakan warna solid yang pastinya sesuai dengan wallpaper kustomisasi pengguna.

Animasi Lebih Nyata

Animasi Nyata Android 12

Android 12 membuat perangkat menjadi lebih nyata pada setiap sentuhan, gerakan, serta perguliran mengingat banyak ponsel yang sudah mendukung layar refresh rate 90Hz. Ini tentu bisa menjadi lebih menarik lagi.

Google juga merencanakan penyederhanaan interaksi pengalaman pengguna dengan merancang ulang agar lebih lancar dan efisien saat dikendalikan.

Efisiensi daya juga difokuskan Google guna perangkat tampil lebih cepat dan responsif tanpa memakan banyak daya baterai, termasuk mengatur penggunaan CPU yang melampaui batas.

Desain Ulang Ruang Sistem

Desain Ulang Sistem Android 12

Ruang sistem pengaturan yang lebih mudah tentu diinginkan semua orang. Pembaruan Android 12 ini memungkinkan pengguna mengontrol secara praktis dengan satu ketukan melalui pengaturan cepat dan Google Assisten.

Beberapa ruang sistem seperti pemberitahuan cepat, manajer bantuan, dan bahkan tombol daya sengaja dirancang ulang untuk membantu penggunanya menyelesaikan berbagai masalah.

Google Assisten kini tidak hanya dapat dikendalikan lewat tombol daya untuk mengajukan pertanyaan saja, melainkan juga melakukan panggilan telepon, membuka aplikasi, membacakan teks, dan lain sebagainya.

Keamanan Privasi Lebih Menjanjikan

Dasbor Privasi Android 12

Kini pengguna dapat melihat seberapa lama aplikasi mengakses data kita dalam 24 jam terakhir. Android 12 menawarkan fitur baru ini lebih transparan dan banyak kontrol sehingga pengguna bisa menyusun pilihan yang tepat tentang seberapa banyak informasi pribadi yang diakses.

Dasbor Privasi, sebuah fitur yang mana mempermudah pengguna melihat izin mana yang diakses, seberapa sering dan oleh aplikasi mana. Juga tak lupa memungkinkan pengguna mencabut akses tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah artikel mengenai Fitur Baru Android 12 yang akan segera launching di beberapa bulan ke depan.

Di luar daripada itu, Google ada lebih banyak peluang untuk menggunakan AI fitur baru bermanfaat yang sebanding dengan privasi terjamin.

Google memperkenalkan Android Private Compute Core sebagai teknologi baru Android 12 yang sifatnya pribadi, menjaga informasi tetap aman, dan memihak kenyamanan pengalaman pengguna.

Private Compute Core mengadakan fitur seperti Live Caption, Now Playing, dan Smart Reply yang sangat berguna untuk berinteraksi secara instan.

Dari sinilah kita tahu bahwa kehadiran Android 12 akan membawa banyak fitur menarik dengan tetap mempertahankan standar privasi tertinggi, keamanan, dan keselamatan pengguna.

Exit mobile version