Error “No SIM Card Detected” atau Kartu SIM Tidak Terbaca

Error "No SIM Card Detected" atau Kartu SIM Tidak Terbaca

Kartu SIM tidak terbaca dan muncul pesan error No SIM Card Detected tentu saja mengesalkan. Begini cara mudah mengatasinya.

SIM Card atau kartu SIM merupakan bagian penting bagi para pengguna ponsel. Tanpa kartu ini, ponsel tidak akan bisa digunakan untuk menelepon atau menerima pesan. Bahkan ponsel juga tidak akan bisa terkoneksi ke internet, selain menggunakan jaringan wi-fi.

Saat ini penggunaan kartu SIM sudah sangat meluas. Sepertinya tidak ada seorang pun yang masih asing dengan kartu berukuran mungil ini. Meski sudah sangat familiar digunakan, bukan berarti kartu SIM akan bebas dari masalah.

Justru sebaliknya. Beberapa masalah kerap kali terjadi pada penggunaan kartu SIM. Salah satunya error No SIM Card Detected atau kartu SIM tidak terbaca.

Bila ini terjadi, tidak perlu panik. Langsung saja coba ikuti langkah-langkah mengatasi eror kartu SIM tidak terbaca di bawah ini.

Cara Atasi Error No SIM Card Detected Atau Kartu SIM Tidak Terbaca

1. Restart Ponsel

Harus diakui, cara pertama yang dilakukan ketika ponsel mengalami eror adalah dengan melakukan restart. Restart akan membantu ponsel untuk melakukan reboot ulang. Sehingga semua sistem, error, dan bug diharapkan akan kembali ke pengaturan sebelumnya.

Error dimana kartu SIM tidak terdeteksi di ponsel pun kerap kali bisa langsung diatasi hanya dengan melakukan restart. Caranya, matikan ponsel selama beberapa menit. Kemudian hidupkan kembali.

Setelah itu cek apakah kartu SIM sudah kembali terdeteksi atau belum. Bila belum, maka Anda bisa mencoba melakukan cara lain di bawah.

2. Ganti Kartu SIM Ke Slot Lain

Bila Anda menggunakan ponsel Android, maka ponsel akan memiliki dua slot untuk kartu SIM. Ketika kartu SIM tidak terdeteksi, Anda bisa mencoba dengan mengganti ke slot lain. Cara ini setidaknya untuk mengetahui apakah masalah berada di kartu SIM tersebut sendiri, atau justru pada ponsel.

Caranya sangat gampang. Matikan ponsel lebih dulu lalu lepaskan kartu SIM dari slot. Setelah itu ganti letakkan kartu SIM di slot yang lain. Selanjutnya Anda hanya perlu kembali menghidupkan ponsel dan memeriksa apakah kartu SIM sudah terdeteksi.

Jika kartu SIM terdeteksi di slot lain, maka besar kemungkinan ada kerusakan pada slot sebelumnya. Untuk memastikan hal ini Anda bisa mencoba memasang kartu SIM lain di slot yang pertama.

Sebaliknya bila kartu SIM tidak juga terdeteksi, maka besar kemungkinan ada masalah pada kartu. Sebaiknya ikuti langkah-langkah selanjutnya di bawah ini.

3. Pastikan Kartu SIM Terpasang Dengan Benar

Kesalahan satu ini bukan tidak mungkin dilakukan. Cukup banyak orang yang keliru atau bahkan terbalik ketika memasang kartu SIM. Akibatnya kartu SIM tidak akan terdeteksi di ponsel.

Untuk mengatasi masalah kartu SIM tidak terdeteksi karena hal ini tentunya dengan memasang dengan benar di slot. Keluarkan kartu SIM dari slot terlebih dulu. Kemudian pasang ulang dengan benar. Pastikan pemasangan kartu SIM juga tidak terbalik.

4. Bersihkan Kartu SIM

Kartu SIM yang sudah digunakan dalam waktu lama seringnya akan kotor atau berdebu. Terlebih bila Anda sering menggunakan ponsel di tempat-tempat yang kurang bersih.

Hal ini akan menyebabkan bagian dari kartu SIM tidak terdeteksi di ponsel. Sehingga akan muncul pesan error No SIM Card Detected.

Ketika memasang kartu SIM, pastikan lebih dulu kartu benar-benar dalam keadaan bersih. Kartu SIM seharusnya tidak tertutup debu maupun kotoran. Terutama pada bagian panel kartu SIM.

5. Cek Masa Berlaku Kartu SIM

Bila sudah melakukan segala cara di atas dan kartu SIM masih juga belum terdeteksi, coba langkah satu ini. Pertama-tama, Anda cek masa berlaku kartu SIM terlebih dulu. Bila kartu SIM sudah lewat dari tanggal masa aktif, maka kerap kali tidak terdeteksi lagi di ponsel.

Untuk memastikannya, cek masa aktif kartu sesuai ketentuan provider masing-masing. Biasanya bila kartu SIM baru lewat 30 hari dari masa aktif, Anda masih bisa mengaktifkan kembali dengan mengisi pulsa. Namun bila sudah lebih dari 30 hari, Anda mungkin harus mengganti nomor dan kartu SIM.

Penggantian kartu SIM bisa dilakukan di gerai provider masing-masing. Anda juga bisa mencoba menelepon ke layanan konsumen provider untuk memastikan detail ketentuan mengganti kartu SIM yang tidak berlaku lagi.

6. Cek Pengaturan Kartu SIM

Penyebab lain dari kartu SIM tidak terdeteksi adalah pengaturan yang salah. Bila Anda sudah melakukan restart namun kartu SIM belum juga terdeteksi, mungkin saja ada kesalahan pada pengaturan.

Cek pengaturan kartu SIM di ponsel terlebih dulu. Begini langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan atau Setting di ponsel.
  2. Setelah itu masuk ke menu Network & Internet.
  3. Klik opsi Mobile Network.
  4. Pastikan pilihan SIM Card sudah aktif. Selain itu juga periksa bila ada pengaturan yang tidak biasa di bagian ini.
  5. Bila perlu, klik Mobile Data dan coba hidupkan dan nyalakan beberapa kali.

Bila terdapat kesalahan pada pengaturan kartu SIM, maka cara ini seharusnya akan bisa mengembalikan kartu SIM seperti semula.

7. Pastikan Kartu SIM Sudah Terdaftar

Bila kartu SIM baru namun tidak terdeteksi di ponsel, maka bisa saja penyebabnya karena kartu SIM belum terdaftar. Seperti diketahui, saat ini kita harus mendaftarkan kartu SIM dan nomor yang digunakan lebih dulu. Setelah pendaftaran terverifikasi, maka kartu SIM akan bisa digunakan.

Beberapa orang masih tidak mengetahui hal ini. Sehingga ketika menggunakan kartu SIM akan muncul pesan eror No SIM Card Detected.

Untuk mengatasi hal ini, cara terbaik tentu saja mendaftarkan kartu SIM Anda. Ada beberapa cara untuk mendaftarkan kartu SIM. Anda bisa mendaftar melalui gerai provider masing-masing. Selain itu Anda juga bisa langsung menghubungi layanan konsumen untuk mendapatkan panduan mendaftarkan kartu SIM.

Cara lain dengan langsung mendaftarkan kartu SIM melalui SMS. Anda hanya perlu mengirimkan pesan ke nomor 4444 berisi nomor NIK dan nomor Kartu Keluarga (KK). Setelah itu tunggu proses verifikasi.

Namun bila kartu SIM sebelumnya sudah didaftarkan, mungkin saja proses pendaftaran tidak berlangsung dengan benar. Untuk itu Anda bisa melakukan pendaftaran ulang kartu SIM. Berikut ini cara registrasi ulang kartu SIM melalui SMS berdasarkan provider masing-masing:

Setelah melakukan cara di atas, lakukan restart sekali lagi. Bila tidak ada masalah lain maka kartu SIM seharusnya sudah akan langsung terdeteksi.

Di atas merupakan beberapa cara untuk mengatasi kartu SIM tidak terdeteksi dan muncul pesan No SIM Card Detected. Semoga membantu!

Exit mobile version