Cara Mudah Mengubah Profil Bisnis ke Pribadi di Instagram

Mengubah Profil Bisnis ke Pribadi di Instagram

Instagram menawarkan beberapa fitur menarik bagi penggunanya, di antaranya adalah penggunaan akun bisnis. Namun, ada kalanya pengguna bosan, sehingga ingin mengubah profil bisnis ke pribadi di Instagram. Untuk itu, ada langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengganti jenis profil Anda di IG.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah profil IG. Bacalah penjelasan dengan saksama.

Akun Instagram dan Jenis-jenisnya

Instagram merupakan aplikasi media sosial yang cukup banyak pengguna gunakan dari seluruh dunia. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur, terutama untuk berbagi foto dan video kepada warganet.

Pada pengaturan defaultnya, Meta yang menaungi Instagram membuat profil dalam bentuk pribadi. Namun, pengguna juga bisa beralih ke profil bisnis untuk mendapatkan fitur-fitur tambahan tertentu.

Maka dari itu, akun Instagram dapat terbagi menjadi 2, yakni:

1. Akun pribadi

Akun Instagram pribadi memungkinkan Anda untuk menggunakan semua fitur dasar platform. Umumnya, Anda dapat mengunggah postingan berupa foto dan video, IGTV, dan cerita. Namun, ada keterbatasan yang pihak penyedia berikan bagi pengguna akun pribadi.

Beberapa keterbatasan itu, seperti Anda tidak dapat memantau bagaimana kinerja dan jangkauan unggahan Anda. Dengan demikian, aktivitas Anda hanya terbatas pada mengunggah, melihat, dan membagikan saja.

2. Akun profesional (bisnis dan kreator)

Selanjutnya, ada akun profesional yang meliputi akun bisnis dan kreator instagram. Akun jenis ini akan memberi Anda akses ke fitur-fitur tambahan yang mendukung Anda lebih lanjut. Ada sejumlah keistimiwaan yang Instagram berikan, seperti alat untuk promosi, alat kreator, dan analisis jangkauan.

Ketika akun bisnis Instagram mulai hadir pada 2014, banyak brand, pembuat konten, dan influencer yang beralih. Jangkauan hingga analitik terperinci menjadi daya tarik yang membuat banyak pengguna berbondong-bondong berpindah haluan. Apa lagi, semua fitur profil pribadi juga ada di akun bisnis.

Cara Mengubah Profil Bisnis ke Pribadi di Instagram

Meski memiliki banyak kelebihan, namun ada kalanya pengguna tetap ingin mengubah profil bisnis ke pribadi di Instagram. Ada beberapa alasan yang memungkinkan pengguna kembali ke profil pribadi. Alasan itu, mulai dari beban kerja aplikasi yang berat hingga bosan dengan akun profesional.

Nah, bagi Anda yang ingin mengganti akun bisnis menjadi akun pribadi, berikut adalah caranya:

Kelebihan dan Kekurangan Mengubah Profil Bisnis ke Pribadi di Instagram

Baik akun bisnis maupun pribadi, keduanya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah plus minus mengganti akun profesional ke akun pribadi.

1. Kelebihan Beralih dari Profil Bisnis ke Pribadi di IG

Berikut adalah kelebihan ketika Anda mengubah profil bisnis ke pribadi di Instagram account Anda:

1) Mengontrol Privasi

Ini bisa jadi keuntungan teresar ketika Anda menggunakan akun pribadi di Instagram. Anda dapat lebih mengontrol privasi dalam menggunakan aplikasi media sosial keluaran Meta ini.

Ketika mengubah profil bisnis ke pribadi di Instagram, Anda dapat menavigasi pengaturan privasi untuk lebih privat. Anda bisa mengaktifkan fitur Akun Pribadi, sehingga apa yang Anda bagikan hanya tersedia untuk Anda dan followers Anda.

Lebih lanjut, ketika menggunakan profil pribadi mengaktifkan fitur akun privat, Anda juga lebih leluasa memilih followers. Hal itu karena para pengguna lain harus mengirimkan permintaan untuk mengikuti akun IG privat Anda.

Mereka tidak otomatis menjadi followers, karena Anda dapat memilih menyetujui atau menolak permintaan untuk mengikuti. Selain itu, Anda juga dapat mengontrol apakah pengguna baru dapat melihat postingan Anda atau tidak

2) Jangkauan Organik Meningkat

Anda dapat melihat dampak positif pada jangkauan organik ketika mengubah jenis profil di Instagram. Itu bukan tanpa alasan. Beberapa konten kreator dan influencer mengklaim bahwa jangkauan organik postingan mereka meningkat setelah beralih akun ini.

Kenapa bisa demikian? Banyak spekulasi yang menyebutkan, ketika menggunakan akun bisnis, Instagram menerapkan algoritma khusus. Algoritma Instagram dapat menekan jangkauan organik akun bisnis untuk mendorong mereka menjalankan iklan.

2. Kekurangan Beralih dari Profil Bisnis ke Pribadi di IG

1) Kehilangan Analisis Terperinci

Ketika menggunakan akun bisnis, Anda memiliki wawasan dan analisis terperinci mengenai jangkauan Anda. Gamblangnya, semua aktivitas postingan dapat Anda pantau dengan mudah, mulai dari like, comment, hingga insight.

Namun, ketika kembali menggunakan profil pribadi, maka Anda akan kehilangan akses ke analitik yang berguna memantau keterlibatan audiens. Analitik Anda akan dihapus. Bahkan, ketika Anda kembali ke profil bisnis, data ini tetap tak bisa Anda pulihkan.

2) Opsi Kontak Terbatas

Menggunakan akun profesional akan meningkatkan jangkauan Anda dan mendorong kontak yang lebih luas. Namun, ketika mengganti profil bisnis ke pribadi di Instagram, maka Anda akan kehilangan fitur Insight dan Promote.

Demikianlah penjelasan serta plus minus mengubah profil bisnis ke pribadi di Instagram. Pertimbangkan lebih lanjut ketika Anda ingin beralih akun di IG.

Exit mobile version