Cara Mengatasi Error “No Service” atau Sinyal Lemah Pada iPhone

Cara Mengatasi Error "No Service" atau Sinyal Lemah Pada iPhone

Sinyal tiba-tiba hilang atau error “no service” menjadi salah satu masalah yang kerap kali dikeluhkan pengguna iPhone. Untungnya, cara mengatasi error “no service” iPhone ini cukup mudah.

Pengguna iPhone mungkin sudah tidak asing lagi dengan masalah satu ini. Sinyal ponsel tiba-tiba hilang sama sekali, lemah, atau bahkan muncul tanda peringatan hanya bisa digunakan untuk panggilan darurat saja.

Permasalahan satu ini memang cukup membuat pusing. Tidak jarang pengguna malah mengira ponsel iPhone mereka mengalami kerusakan karena memperlihatkan tanda error “no service”.

Tidak perlu panik. Berikut ini akan mengulas bagaimana cara mengatasi error “no service” dan juga sinyal lemah di ponsel iPhone.

Penyebab Tidak Ada Sinyal di iPhone

Ada beberapa penyebab mengapa sinyal di ponsel iPhone tiba-tiba menjadi lemah atau bahkan hilang sama sekali. Di bawah ini merupakan penjelasannya.

1. Sinyal Dari Provider Lemah

Penyebab paling gampang dan sering ditemui tentu saja karena sinyal dari provider yang memang sedang lemah. Hal ini memang cukup sering dan wajar terjadi.

Ketika sinyal dari provider lemah, maka sinyal yang ditangkap ponsel iPhone pun akan menjadi lemah. Ini biasanya ditandai dengan bar sinyal yang menjadi lebih sedikit. Hingga panggilan telepon yang terus menerus gagal terhubung.

2. Berada di Luar Jangkauan

Error “No Service” di iPhone juga bisa saja terjadi karena tidak berada di jangkauan provider. Bila hal ini terjadi, sinyal di ponsel iPhone bukan saja akan menjadi lemah. Melainkan bisa saja hilang sama sekali.

Meskipun saat ini sebagian besar provider telekomunikasi di Indonesia sudah memiliki jangkauan luas. Tidak menutup kemungkinan bahwa pengguna ponsel berada di luar area jangkauan provider yang digunakan.

3. Kartu SIM Rusak

Kerusakan kartu SIM bisa menyebabkan ponsel iPhone tidak bisa menangkap sinyal. Akibatnya, sinyal di ponsel iPhone pun akan menjadi lemah. Bila kerusakan kartu SIM sudah parah, maka biasanya sinyal akan hilang atau muncul keterangan “no service.”

Ada beberapa hal yang menyebabkan kartu SIM menjadi rusak. Mulai dari terkena air, kerusakan atau cacat pada fisik kartu SIM. Hingga karena kartu SIM sudah tidak berlaku lagi.

4. Kerusakan Hardware Maupun Software

Penyebab terakhir dari error “no service” iPhone adalah kerusakan pada hardware dan software. Ponsel yang sering terkena air dipercaya akan lebih mudah merusak bagian-bagian hardware. Terutama pada bagian reseptor sinyal.

Kerusakan software juga bisa menjadi penyebab lain. Rusaknya software iPhone ini diantaranya karena proses update sistem operasi yang gagal atau belum sempurna, adanya virus malware, sampai iOS yang perlu diperbarui.

Cara Mengatasi Sinyal Lemah atau Error “No Service” di iPhone

Setelah memahami alasan-alasan di atas, berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengatasi error “no service” iPhone.

1. Pasikan Provider Tidak Bermasalah dan Berada Dalam Jangkauan

Cara pertama untuk mengatasi masalah tidak ada sinyal atau sinyal lemah ialah dengan memastikan koneksi dari provider tidak bermasalah. Pastikan juga berada di area jangkauan provider.

Untuk memastikan hal ini, Anda bisa melakukan dengan cara mematikan dan menghidupkan Mobile Data beberapa kali. Selain itu hubungi juga provider untuk memastikan tidak ada masalah pada koneksi saat ini.

2. Restart iPhone

Langkah kedua mungkin sering kali dipandang sebelah mata. Padahal nyatanya, sederet permasalahan pada ponsel bisa diatasi dengan melakukan restart.

Berikut ini cara restart iPhone dengan benar:

  1. Tekan dan tahan tombol Power dan Volume Up bersamaan.
  2. Setelah beberapa detik akan muncul Sliders di layar, dan geser ke arah kanan untuk mematikan iPhone.
  3. Tunggu hingga iPhone sudah benar-benar mati sempurna.
  4. Tekan dan tahan tombol Power hingga layar hidup dan menunjukan logo Apple.

Setelah melakukan langkah di atas, coba sekali lagi hidupkan Mobile Data untuk memeriksa sinyal iPhone.

3. Gunakan Airplane Mode

Airplane Mode akan mematikan semua jaringan pada iPhone. Ketika mode ini dimatikan, maka semua jaringan akan kembali hidup dan berfungsi seperti semula.

Cara lain mengatasi error “no service” di iPhone ialah dengan mematikan dan menghidupkan Airplane Mode. Hidupkan Airplane Mode dan diamkan selama 1-5 menit. Setelah itu kembali matikan dan cek lagi sinyal di ponsel.

4. Keluarkan Kartu SIM

Bila sudah mencoba semua langkah di atas namun iPhone masih tidak ada sinyal sama sekali. Maka sebaiknya periksa kondisi kartu SIM.

Keluarkan kartu SIM dari ponsel lebih dulu. Setelah itu periksa keadaan kartu. Apakah ada kerusakan, kotoran, atau bahkan debu menempel.

Ketika sudah memastikan kartu SIM berada dalam kondisi yang baik, kembali pasang ke dalam iPhone. Periksa sekali lagi apakah sinyal iPhone sudah kembali normal.

5. Update iOS

Permasalahan pada iOS kerap kali menjadi penyebab lain mengapa sinyal di ponsel iPhone hilang. Seperti disebutkan di atas, permasalahan ini bisa jadi karena proses update sistem operasi yang tidak berjalan lancar. Atau malah iOS ponsel iPhone Anda yang perlu di-update.

Untuk update sistem operasi iOS di iPhone, caranya di bawah ini.

  1. Buka Setting atau Pengaturan di iPhone.
  2. Tap pada menu General.
  3. Klik pilihan Sofftware Updates.
  4. Bila terdapat pembaharuan yang tersedia, segera klik Download and install.

Update iOS menjadi cara terbaik untuk mengatasi permasalahan sinyal hilang atau lemah di iPhone. Ketika proses update berjalan, sebaiknya tidak menggunakan ponsel lebih dulu. Pastikan juga Anda mengisi daya iPhone minimal 80% selama proses update.

6. Reset Network Setting

Permasalahan lain yang sering menyebabkan sinyal ponsel hilang atau lemot adalah pengaturan jaringan atau netword setting. Untungnya, cara mengatasi masalah ini cukup mudah.

Anda hanya perlu melakukan reset pada network setting. Sehingga nantinya semua pengaturan jaringan akan kembali seperti awal.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Settings atau Pengaturan di iPhone.
  2. Setelah itu masuk ke menu General.
  3. Klik opsi Transfer or Reset iPhone di bagian bawah.
  4. Klik pilihan untuk Reset.
  5. Pada menu berikutnya klik Reset Network Settings.

Langkah ini akan mengembalikan semua pengaturan jaringan yang mungkin menyebabkan sinyal menjadi lemah.

Penting diingat, reset network setting juga akan mengubah beberapa pengaturan pada jaringan ke setelan semula. Sehingga periksa kembali bila Anda sebelumnya mengubah aturan pada jaringan ini. Seperti misalnya bila menggunakan VPN.

7. Update Carrier Setting

Terakhir, cara yang bisa dilakukan dengan memeriksa bila terdapat pembaharuan di carrier setting.

Update pada pengaturan carrier ini memang kerap kali membuat iPhone kehilangan sinyal. Terlebih bila Anda menggunakan versi carrier yang sudah lama.

Berikut ini langkah-langkah untuk update carrier setting di iPhone.

  1. Konek ke jaringan Wi-fi terlebih dulu bila sinyal di iPhone masih lemah atau tidak ada.
  2. Setelah itu buka aplikasi Pengaturan atau Setting.
  3. Masuk ke menu General.
  4. Klik About. Bila terdapat keterangan untuk melakukan pembaharuan, klik Update.

Tunggu hingga proses update selesai. Kemudian lakukan restart dan kembali cek sinyal iPhone.

Semoga cara di atas membantu Anda mengatasi masalah error “no service” iPhone ya!

Exit mobile version