Cara Mengatasi Error “iTunes could not connect to this iPhone” Saat Menghubungkan ke Komputer

Error "iTunes could not connect to this iPhone" Saat Menghubungkan ke Komputer

Error iTunes could not connect to this iPhone kerap kali muncul ketika hendak menghubungkan iPhone ke komputer. Begini cara mengatasinya.

iTunes merupakan bagian penting bagi para pengguna iPhone. Melalui software aplikasi ini, Anda akan bisa mengirimkan file foto dan video dengan mudah dari iPhone ke komputer. iTunes juga dibutuhkan ketika ingin melakukan backup.

Pada beberapa kasus, iTunes akan membantu proses recovery iPhone yang bermasalah. Untuk itu, Anda memang disarankan secara rutin melakukan pemindahan data dari iPhone ke komputer melalui iTunes.

Sayangnya, meskipun memiliki peranan penting, iTunes kerap kali mengalami error. Salah satu error yang sering terjadi ketika menggunakan iTunes adalah munculnya pesan iTunes could not connect to this iPhone.

Pesan tersebut berarti iPhone tidak terdeteksi dan tidak bisa menyambung dengan iTunes. Bila ini terjadi, begini cara mengatasinya.

Penyebab iPhone Tidak Terdeteksi iTunes

Sebelum mengatasi error satu ini, sebaiknya ketahui lebih dulu apa yang menjadi penyebab iPhone tidak terdeteksi iTunes. Berikut ini beberapa penyebabnya.

1. iTunes Memerlukan Update

Bagi yang belum mengetahui, iTunes merupakan software aplikasi untuk laptop. Software ini bisa digunakan baik untuk komputer dengan sistem operasi Windows maupun MacOS.

Hanya saja, iTunes di komputer Windows memang sering kali tidak stabil. Untuk itu Anda harus memastikan melakukan update iTunes secara rutin. Bila iTunes yang digunakan tidak ter-update, maka kemungkinan besar nantinya tidak akan bisa mendetekti ponsel iPhone.

Permasalahan iTunes yang tidak terupdate ini untungnya jarang sekali terjadi pada laptop maupun komputer dengan MacOS.

2. Tidak Menggunakan Kabel Data Asli

Untuk menghubungkan iPhone dengan iTunes di komputer, Anda akan memerlukan kabel data. Hanya saja bila Anda tidak menggunakan kabel data asli dari Apple, maka error iTunes could not connect to this iPhone akan lebih mungkin terjadi.

3. iOS Perlu Update

Penyebab lain mengapa muncul error ketika hendak menghubungkan iPhone dengan iTunes adalah karena iOS yang digunakan memerlukan update. Para pengguna iPhone dengan versi iOS lama kerap kali mengeluhkan ponsel mereka tidak bisa terdeteksi. Terlebih bila menggunakan iTunes di laptop dan komputer MacOS.

Perbedaan driver dan sistem operasi pada iTunes versi terbaru dengan iOS lama menyebabkan iPhone tidak terdeteksi. Untungnya masalah ini jarang sekali terjadi pada iTunes di versi Windows.

4. Bukan iPhone Asli

Penyebab lain mengapa iTunes tidak bisa terhubung dengan iPhone adalah karena ponsel yang digunakan bukan produk asli Apple. iPhone palsu rilisan dari produsen lain sudah pasti tidak akan terdeteksi di iTunes.

Di sisi lain, beberapa seri iPhone asli dari Apple pun disebutkan memang tidak akan terdeteksi iTunes. iPhone jenis refurbish atau bahkan rilisan internasional kerap kali tidak terdeteksi di beberapa negara.

Untuk itu sebelum membeli iPhone, pastikan lebih dulu bisa terdeteksi dengan lancar dan tanpa masalah di iTunes.

Cara Atasi Error “iTunes could not connect to this iPhone”

Untuk mengatasi error iTunes could not connect to this iPhone, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Berikut ini merupakan langkah-langkah tersebut.

1. Update iOS di iPhone

Bila iPhone tidak bisa terdeteksi di iTunes, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan update sistem operasi. Cek lebih dulu apakah iOS di iPhone Anda sudah terupdate.

Apple melakukan update sistem operasi sedikitnya selama satu kali setahun. Sayangnya tidak semua seri iPhone akan mendapatkan pembaharuan sistem operasi ini.

Sehingga sebaiknya, pastikan dan cek terlebih dulu apakah iPhone Anda mendapatkan versi iOS terbaru dari Apple. Setelah itu lakukan update sistem operasi.

Selama proses update sistem operasi berjalan, pastikan baterai ponsel tidak habis. Pastikan juga koneksi internet yang digunakan benar-benar lancar.

2. Update Driver iTunes di Windows

Seperti disebutkan sebelumnya, iTunes gagal untuk mendeteksi ponsel iPhone salah satunya karena versi yang digunakan memerlukan pembaharuan. Untuk itu lakukan update driver iTunes secara berkala. Terlebih bila Anda menggunakan komputer atau laptop Windows untuk menghubungkan dengan iPhone.

Ada beberapa cara untuk melakukan update driver iTunes di Windows. Anda bisa memeriksa versi iTunes untuk Windows terbaru yang dirilis oleh Apple. Selain itu Anda juga bisa melakukan update secara langsung di software iTunes yang digunakan.

Update driver iTunes tidak perlu dilakukan di laptop maupun komputer MacOS. Pasalnya iTunes akan secara otomatis melakukan update bila terdapat pembaharuan di versi yang lebih baru.

3. Selalu Gunakan Kabel Original

Apple memang cukup ketat mengenai penggunaan aksesoris original di produk-produk rilisannya. Ini salah satunya akan terjadi bila Anda berusaha menghubungkan iPhone dengan iTunes tidak menggunakan kabel original.

Ketika menggunakan kabel tidak original, maka kemungkinan iTunes gagal terdeteksi akan lebih besar. Sehingga terjadi error “iTunes could not connect to this iPhone” pada iTunes. Selain itu proses transfer data dan backup pun dipercaya tidak akan berlangsung maksimal bila Anda tidak menggunakan kabel data original.

Penggunaan kabel data original bukan saja penting untuk transfer data dan menghubungkan dengan iPhone. Bila mengisi daya iPhone dengan kabel tidak original, kemungkinan untuk crash, baterai rusak, sampai kerusakan hardware pun akan lebih besar.

Untuk itu, pastikan untuk selalu menggunakan aksesoris original dari Apple ya!

4. Kerusakan Port

Port USB dan konektor yang rusak bisa menjadi penyebab lain mengapa muncul pesan error “iTunes could not connect to this iPhone”. Namun perlu dicatat, kerusakan port berarti iPhone sama sekali tidak akan terdeteksi di komputer maupun laptop.

Kerusakan port seringnya menjadi penyebab utama mengapa iPhone tidak bisa di-charge dan gagal terdeteksi di iTunes. Untuk itu Anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini lebih dulu:

  1. Periksa keadaan port USB di iPhone.
  2. Cek kondisi konektor USB di laptop.
  3. Bersihkan bagian port dan konektor dari debu dan kotoran.
  4. Pastikan port dan konektor tidak tersumbat.
  5. Port dan konektor harusnya tidak memiliki daya listrik yang menimbulkan sensasi tersengat listrik.

Bersihkan port dan konektor USB secara rutin. Pastikan juga tidak ada kotoran yang menyumbat bagian port sebelum mencoba menghubungkan iPhone dengan laptop maupun komputer.

Bila port dan konektor USB mengalami kerusakan, maka sebaiknya lakukan service dan pergantian lebih dulu.

5. Pastikan iPhone Benar-benar Asli

Cara terakhir untuk mengatasi “iTunes could not connect to this iPhone” adalah dengan memastikan iPhone benar-benar produk asli. Hal ini bisa dilakukan dengan memeriksa IMEI pada ponsel. Cek juga nota pembelian dan juga nomor produk.

iPhone palsu, refurbish, maupun produk internasional sering kali tidak bisa terdeteksi di iTunes. Untuk mengatasi hal ini tentu saja hanya dengan memastikan membeli iPhone di distributor maupun toko resmi Apple.

Sebaiknya tidak tergoda produk iPhone dengan iming-iming harga murah. Namun pada akhirnya justru merupakan barang palsu atau refurbish.

Exit mobile version