Kamu Harus Tahu, Ini Bahaya Menjadi Perokok Pasif bagi Kesehatan Tubuh!

Bahaya Perokok Pasif bagi Kesehatan

Palingit.com – Bahaya Perokok Pasif bagi Kesehatan – Merokok menjadi hal biasa dilakukan bagi sebagian besar orang. Baik tua maupun muda, menjadi seorang perokok sudah dianggap sebagai rutinitas sehari-hari.

Meskipun mereka tahu bahaya merokok itu seperti apa, anehnya kebiasaan tersebut tetap saja tak bisa ditinggalkan. Ya, mungkin karena efek candu dari rokok itu sendiri.

Baik dalam rumah maupun lingkungan luar, menyalakan sebatang rokok kemudian mengisapnya sudah tidak jarang kita temui di berbagai kalangan masyarakat.

Namun disamping itu, tanpa mereka sadari ternyata rokok yang ia hisap berdampak pada perokok pasif atau orang tidak merokok. Sungguh sayang sekali, seringnya ada banyak perokok pasif seakan enggan peduli pada asap yang ia hirup, padahal risiko bahaya sudah jelas adanya.

Menurut riset, diperkirakan setidaknya 1,2 juta manusia meninggal setiap tahunnya dikarenakan asap rokok meskipun mereka tidak merokok secara langsung. Mengapa ini bisa terjadi?

Asap rokok mengandung lebih dari ribuan senyawa kimia, yang mana diantaranya terdapat beberapa kandungan berbahaya seperti karbon monoksida, benzena, tar, hidrogen sianida, dan lain sebagainya.

Nah, dari berbagai kandungan tersebut apabila terpapar secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh serta mengakibatkan masalah kesehatan wajib diwaspadai.

Karbon monoksida misalnya, salah satu gas tidak memiliki rasa dan bau menjadi suatu karakteristik senyawa yang satu ini.

Apabila sering dihirup terlalu banyak, tidak menutup kemungkinan sel darah merah menjadi lebih terikat dengan karbon monoksida dibandingkan oksigen. Akibatnya, organ tubuh kurang berfungsi dengan benar dan bisa mempengaruhi sistem pernapasan.

Bahaya Perokok Pasif bagi Kesehatan Tubuh

Selain mengganggu pernapasan, ada juga bahaya asap rokok lain bagi perokok pasif yang dapat mengakibatkan penyakit serius, di antaranya yaitu:

Kanker

Asap rokok menjadi salah satu penyebab paling banyak timbulnya kanker pada manusia. Tidak hanya muncul bagi perokok aktif, rupanya perokok pasif juga berpotensi terkena penyakit kanker.

Penyakit Jantung

Asap rokok dihirup oleh perokok pasif menyebabkan darah menjadi lengket sehingga membuat pembuluh darah (arteri) tersumbat.

Berbagai zat terkandung dalam asap rokok menyebabkan pengerasan arteri yang dapat menghambat aliran darah berisi asupan nutrisi dan oksigen untuk jantung.

Akibatnya, hal ini akan berdampak buruk seperti kematian sel sebab tidak dapatnya asupan tepat waktu. Nah, semakin meluasnya kematian sel maka potensi serangan jantung pun meningkat.

Bahaya Asap Rokok bagi Anak-Anak

Bahaya asap rokok sangat beresiko terhadap anak-anak, terlebih lagi kurangnya wawasan orang tua mengenai bahaya asap rokok inilah yang membuat seorang anak menjadi perokok pasif.

Terdapat banyak orang tua belum sadar akan dampak yang ditimbulkan akibat merokok di dalam rumah, terutama sembari menemani sang buah hati bermain. Padahal ada risiko tersendiri yang akan ditanggung akibat hal tersebut, seperti:

  1. Turunnya daya tahan tubuh anak sehingga mudah terkena penyakit seperti bronkitis dan pneumonia.
  2. Munculnya gejala asma (batuk, sesak napas, dan denyut jantung cepat).
  3. Risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau sindrom kematian mendadak pada bayi.

Dari beberapa risiko tersebut tentu sangat dikhawatirkan mengingat hampir sebagian besar anak secara tidak sengaja menghirup asap rokok hingga menjadi perokok pasif.

Bahaya Asap Rokok bagi Wanita Hamil

Selain berbahaya bagi anak-anak, wanita hamil juga rentan terkena penyakit akibat sering menjadi perokok pasif, antara lain:

  1. Peningkatan risiko keguguran apabila sudah terpapar asap rokok terlalu banyak.
  2. Gangguan perkembangan pada janin atau timbulnya beberapa masalah perilaku dan kesehatan pada masa pembelajaran nanti.
  3. Kematian prematur lantaran kurangnya jumlah oksigen yang tersedia untuk ibu dan bayi akibat menjadi perokok pasif.

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai bahaya asap rokok bagi perokok pasif perlu kamu ketahui sebelum terlambat. Bahaya asap rokok bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Selain perokok aktif, perokok pasif juga sangat rentan terkena berbagai penyakit serius.

Oleh karena itu, apabila kamu berdampingan – mengobrol dengan perokok aktif, sesegera mungkin hindari asap rokok dengan cara memberitahunya untuk tidak merokok sementara waktu guna terhindar menjadi perokok pasif.

Exit mobile version