9 Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Biar Nggak Lemot

cara membersihkan RAM HP Xiaomi

Palingit.com – Produk Xiaomi memang terkenal dengan produk yang spesifikasinya tinggi. Entah dari segi prosesor maupun RAM yang ada. Hanya saja, sama seperti ponsel lain. Xiaomi juga terkadang mengalami masalah RAM terlalu penuh. Jika mengalaminya, kamu bisa coba cara membersihkan RAM HP Xiaomi di sini.

Ponsel Xiaomi ini merupakan merk yang asalnya dari Tiongkok. Xiaomi amat berjaya saat masuk ke segmen pasar di Indonesia. Salah satu keunggulan dari ponsel ini adalah harga yang murah tapi spesifikasinya tinggi.

Kapasitas dari RAM juga jadi salah satu hal yang amat diunggulkan dari Xiaomi. Hanya saja, beban file dan aplikasi yang sangat besar bikin RAM cepat penuh. Bahkan hal ini menyebabkan keluhan pengguna Xiaomi mengenai RAM yang hampir penuh, utamanya untuk ponsel level entri dengan RAM kecil.

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi

Meskipun RAM penuh Xiaomi cup mengganggumu, tentu tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan buat membersihkannya. Cek sini!

1. Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Salah satu hal yang bisa menyebabkan RAM penuh pada ponsel Xiaomi maupun ponsel lainnya adalah banyaknya aplikasi yang terinstal. Kadang ada nih aplikasi yang pas kamu download ukurannya hanya 50 MB.

Eh setelah berhasil terinstal size aplikasinya malah jadi lebih dari 300 MB. Biasanya sih game dan media sosial. Hal ini jelas bikin RAM akan sangat terbebani dengan adanya aplikasi tersebut.

Salah satu cara membersihkan RAM HP Xiaomi Redmi 5a ataupun tipe lainnya, bisa dengan menghapus aplikasi yang memang sudah jarang kamu pakai. Entah itu masih kamu pakai atau tidak, sejumlah aplikasi akan terus memakan RAM.

Jadi, saat dalam ponsel sudah banyak terinstall aplikasi apalagi jarang kamu gunakan, baiknya langsung hapus saja. Dengan ini, kamu bisa melegakan RAM ponsel dalam waktu yang relatif cepat.

2. Hapus Foto dan Video Tidak Penting

Para fotografer atau yang suka foto-foto mana suaranya? Biasanya sih kalau orang suka foto, cenderung ingin mengabadikan hampir semua momen. Mulai dari momen biasa seperti keseharian apalagi di momen-momen spesial seperti saat jalan-jalan dan lainnya.

Itu bagus untuk kamu abadikan. Tapi kalau keseringan ternyata juga bisa makan RAM ponsel Xiaomi milikmu. Nah, cara melegakan RAM Xiaomi MIUI 12 yang perlu kamu lakukan adalah hapus saja foto dan video yang ada.

Apalagi kalau kamu orang yang sering banget dan nggak bisa lepas dari kebiasaan screenshoot. Jelas RAM akan penuh dan kinerja ponsel bisa sangat melambat.

Namun, guna menghindari hilangnya berbagai data penting, hapuslah foto dan video satu per satu secara manual dari galeri. Memang butuh waktu lama tapi data-data pentingmu aman dan nggak bakal kehapus.

3. Pindahkan Data ke Penyimpanan Awan/Cloud

Cara mengurangi penggunaan RAM Xiaomi yang tentu saja efektif lainnya adalah kamu bisa memindahkan setiap file data dalam ponsel menuju penyimpanan awan. Setiap kali ada orang yang mengirimkan foto, video, ataupun dokumen, langsung saja back up ke penyimpanan awan dan hapuslah file yang ada di ponsel.

Sekarang sih udah banyak banget storage awan/cloud gratis yang bisa kamu coba. Misalnya nih sudah ada Google Drive yang menawarkan kapasitas sampai 15 GB secara gratis.

Dengan kapasitas itu, sepertinya udah lebih dari cukup buat sekadar menyimpan data-data pribadimu. Kurang banyak? Tenang, masih bisa upgrade kapasitas. Tapi bayar kalau mau upgrade.

4. Seleksi Data Folder WhatsApp

Kini udah hampir semua orang menggunakan WhatsApp sebagai media yang bisa memenuhi kebutuhan komunikasi secara efektif. Termasuk juga untuk saling berbagi file serta dokumen.

Perlu kamu ketahui, penghapusan data kiriman dari orang lain sepertinya nggak cukup untuk membebaskan RAM ponsel Xiaomi agar nggak terlalu penuh. Tapi kamu bisa pakai cara membersihkan RAM HP Xiaomi ini:

     Masuk ke Manager Aplikasi.

     Cari folder WhatsApp.

     Pilih Database.

     Hapuslah seluruh data yang muncul.

     Kembali.

     Pilih folder Media.

     Pilih Statuses, dan hapuslah semua semua file yang ada di folder.

Dengan begitu, sekarang RAM ponsel Xiaomi yang kamu miliki bisa sedikit lega dan terbebas dari masalah RAM terlalu penuh.

5. Memakai Cleaner Security Bawaan Xiaomi

Cara menghapus RAM penuh lain yang bisa kamu jadikan pertimbangan adalah menggunakan Cleaner Security bawaan dari ponsel Xiaomi. Banyak yang masuk belum tahu kalau aplikasi Security ini juga punya manfaat lain.

Salah satunya bisa kamu manfaatkan untuk menghapus data RAM yang sudah terlalu penuh. Hal ini mungkin jarang kamu sadari karena di awal belum memahami betul mengenai fitur-fitur apa saja yang tersedia di dalam ponsel Xiaomi.

Nah, berhubung sekarang sudah tahu fungsinya selanjutnya kamu perlu tahu langkah-langkah membersihkan RAM HP Xiaomi melalui Cleaner Security bawaan ini:

     Pertama, temukan saja aplikasi Security yang warnanya hijau.

     Pilih Cleaner.

     Klik tombol Clean Up.

6. Bersihkan Data Cache Menumpuk

Cache di satu sisi memang nguntungin karena bisa mempercepat kinerja dari suatu aplikasi, browser, atau apapun. Ia berfungsi untuk mengingat file apa saja yang bakal diunduh dari suatu aplikasi ataupun website ketika melakukan perintah tertentu.

Semakin banyak cache harusnya sih semakin cepat. Hanya saja, nggak gitu cara kerjanya. Semakin banyak cache yang terkumpul malah bisa bikin RAM ponsel Xiaomi yang kamu milki.

Jadi salah satu solusi yang perlu kamu coba adalah dengan membersihkan data cache yang menumpuk. Nah, jika ingin tahu caranya simak di sini:

     Buka Settings.

     Cari Storage.

     Di Pop Up yang muncul, klik OK.

     Seluruh cache aplikasi telah berhasil kamu bersihkan.

7. Matikan Live Wallpaper dan Widget

Kamu mungkin adalah tipe orang yang nggak ini ponselmu datar atau polos-polos saja. Akhirnya menambahkan live wallpaper serta widget untuk membuatnya jauh lebih menarik.

Live wallpaper serta widget dari Xiaomi memang cukup menarik. Tapi tahu nggak sih kalau widget sama live wallpaper itu bisa makan cukup banyak kapasitas RAM.

Jadi ada baiknya kalau kamu mending pakai wallpaper statis saja dulu. Selanjutnya hapuslah widget yang memang nggak penting dengan tekan kemudian tahan dan tarik ke tombol Delete hingga widget-nya hilang.

8. Membersihkan Recent Apps Setiap Waktu

Aplikasi nggak bakal berhenti membebani RAM hingga recent apps-nya kamu hapus. Nah, biar RAM Xiaomi milikmu bersih bisa dengan tekan tombol sebelah kiri Home. Selanjutnya tekan X buat menghapus semua aplikasi yang masih berjalan di latar belakang.

9. Bersihkan File Sampah di Xiaomi

Kamu pun bisa mempertimbangkan untuk membersihkan file sampah di ponsel Xiaomi. Caranya:

     Buka Pengaturan.

     Pilih Storage.

     Pilih Kosongkan Ruang.

     Pilih File Sampah.

     Klik Konfirmasi dan Kosongkan.

Dengan beberapa cara membersihkan RAM HP Xiaomi yang kami sediakan, sekarang ponselmu bisa punya kinerja yang lebih baik lagi.

Exit mobile version