8 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka

Telegram tidak bisa dibuka

Telegram adalah aplikasi chat yang populer akhir-akhir ini. Pasalnya, ada banyak keunggulan aplikasi ini dibandingkan aplikasi serupa seperti WhatsApp. Meskipun begitu, beberapa orang pernah mengeluh Telegram tidak bisa dibuka. Apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel ini sampai selesai.

Apa Penyebab Telegram Tidak Bisa Dibuka

Telegram yang tidak bisa kamu buka sebenarnya bukan masalah besar. Biasanya dengan solusi simple, masalah tersebut bisa diatasi. Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui beberapa penyebab mengapa aplikasi tidak bisa dibuka. Berikut di antaranya:

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka

Kamu bisa mengatasi Telegram tidak bisa dibuka dengan berbagai cara berikut ini:

1. Restart HP

Apapun masalahnya restart HP solusinya, hal tersebut sepertinya berlaku untuk banyak orang. Namun tidak ada salahnya mencoba. Pasalnya, setelah restart semua program-program yang sebelumnya dijalankan akan kembali seperti semula. 

Biasanya restart bisa membantu mengoptimalkan kinerja HP setelah kinerjanya tidak maksimal. HP yang spesifikasinya rendah sering mengalami masalah lag yang menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka. 

2. Clear Cache Aplikasi Telegram

Cache sebenarnya akan sangat membantumu memakai aplikasi dengan mudah. Pasalnya, semua data tersimpan saat mengaktifkannya. Namun cache juga bisa membuat kinerja HP lambat. 

Kamu bisa membersihkan cache dengan cara berikut:

3. Hapus Data Telegram

Masih belum berhasil juga? Mungkin kamu perlu menghapus data Telegram. Menghapus data akan menghapus pengaturan maupun preferensi. Termasuk cookies, data login, chache, dan lain sebagainya. Jadi pastikan tidak ada chat penting sebelum menghapus data.

Setelah itu, kamu bisa menghapus data dengan cara:

4. Update Aplikasi Telegram ke Versi Terbaru

Salah satu penyebab mengapa aplikasi tidak bisa dibuka yaitu karena aplikasi terlalu lama. Apakah kamu malas update aplikasi? Bisa saja itu masalahnya. Update aplikasi sebenarnya penting untuk meningkatkan pengalaman memakai Telegram.

Selain itu, update aplikasi juga bisa meminimalisir masalah atau bug saat memakai Telegram. Langsung saja ke Play Store atau App Store untuk update Telegram. Update aplikasi seperti biasanya, baru cobalah untuk membukanya.

5. Install Ulang Telegram

Cara mengatasi Telegram tidak bisa dibuka selanjutnya yaitu dengan install ulang aplikasi Telegram. Uninstall terlebih dahulu aplikasi Telegram melalui menu pengaturan, baru setelah itu install melalui Play Store atau App Store. Biasanya setelah install ulang kamu akan diminta untuk masuk ke akun lagi.

6. Gunakan HP yang Belum Di-root

Root dapat membongkar sistem dan merubah rancangannya. Oleh sebab itu, kinerja HP mungkin akan terganggu seperti aplikasi Telegram yang error atau tidak bisa dibuka. 

Cobalah menggunakan HP yang belum di-root. Atau kamu bisa unroot dengan cara berikut:

7. Server Telegram Sedang Mengalami Down

Salah satu alasan mengapa Telegram tidak bisa kamu buka yaitu karena memang mengalami down. Kamu bisa bertanya ke pengguna lain melalui aplikasi lain. Apakah mereka bisa membuka Telegram atau sama sepertimu tidak bisa membukanya. 

Jika semua pengguna tidak bisa membuka Telegram, maka memang server sedang down. Kamu harus menunggu sampai server kembali seperti semula. Namun, Telegram termasuk aplikasi yang jarang down.

Apakah Aplikasi Telegram Sudah Bisa Dibuka?

Nah, mudah bukan mengatasi Telegram tidak bisa dibuka? Kamu juga perlu mengetahui apa penyebabnya untuk mengidentifikasi masalah. Telegram merupakan aplikasi yang memiliki segudang manfaat. Sekarang juga sudah mulai banyak orang yang beralih ke aplikasi chat ini. Semoga informasi mengenai solusi di atas bermanfaat!

Exit mobile version