8 Aplikasi Novel Gratis Tanpa Beli Koin dan Offline Terlengkap

8 aplikasi novel gratis tanpa beli koin
Palingit.com – Baca novel kini bisa kamu lakukan melalui ponsel pintar. Terdapat 8 aplikasi novel gratis tanpa beli koin dan offline yang patut kamu coba lho.

Asyiknya lagi, kamu tidak harus online untuk membaca novel di aplikasi tersebut. Yuk simak tujuh rekomendasinya.

8 Aplikasi Novel Gratis Tanpa Beli Koin dan Offline

Aplikasi penyedia novel menjadi cara baru bagi kamu untuk membaca novel secara praktis. Karena hal itu, kamu tidak harus repot menguras kantong membeli novel cetak baru.

Justru, terdapat berbagai judul novel yang tersedia di setiap aplikasi tersebut secara gratis.

Mungkin beberapa aplikasi berikut memiliki pilihan premium yang mengharuskan kamu membeli koin.

Namun, ternyata banyak judul novel gratis yang dapat kamu baca tanpa koin. Kamu juga dapat mengunduh judul novel tersebut agar dapat dibaca secara offline.

Berikut adalah delapan rekomendasi aplikasi novel gratis tanpa beli koin dan offline terlengkap.

1. iPusnas

iPusnas merupakan aplikasi baca novel gratis tanpa koin milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tentunya, terdapat banyak judul buku tersedia di aplikasi ini. Semuanya adalah koleksi
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Caranya sangat simpel lho. Kamu tinggal cari judul buku yang ingin kamu baca, lalu lakukan pinjam. Kamu sudah bisa baca secara online dan offline tanpa harus membeli koin.

Terdapat ribuan judul buku tersedia di aplikasi ini. Jenis buku di iPusnas sangat beragam lho, mulai dari novel, biografi, motivasi, hingga buku pelajaran.

2. Wattpad

Siapa yang tidak kenal Wattpad? Benar, Wattpad menjadi pionir aplikasi baca novel online sekaligus platform para penulis untuk menulis cerita. Genrenya pun beragam mulai dari romance,
fantasi, sci-fi, misteri, hingga teenlit. Semua dapat kamu baca online dan offline.

Kamu dapat mengandalkan Wattpad untuk menikmati berbagai judul cerita seru secara gratis lho.

Tidak hanya itu, platform ini menyediakan fitur di mana kamu dapat mempublikasi cerita kamu sendiri dan mendapat feedback dari sesama pengguna. Platform ini juga dapat kamu akses
melalui browser tanpa harus unduh aplikasi.

Sebagai pionir aplikasi novel tanpa koin, banyak judul novel di platform ini sudah menjadi bentuk cetak di toko buku.

Bahkan, beberapa di antaranya sudah mendapat adaptasi film dan serial web. Ini menjadikannya sebagai salah satu aplikasi penyedia novel terbaik.

3. NovelToon

NovelToon merupakan salah satu aplikasi novel gratis tanpa beli koin dan offline yang
juga terkenal di kalangan remaja. Sama seperti Wattpad, aplikasi ini menyediakan pilihan judul novel yang beragam.

Saat mengakses NovelToon untuk pertama kali, kamu harus memasukkan jenis kelamin dan usia. Aplikasi tersebut akan merekomendasikan jenis novel sesuai usia dan jenis kelamin.

Lalu, kamu dapat memilih salah satu dari judul novel tersebut. Terdapat pula pilihan download agar kamu dapat membacanya secara offline.

Selain itu, interface NovelToon relatif simpel dan sangat ringan. Ditambah lagi, terdapat pilihan audiobook jika kamu sedang malas membaca dengan menatap layar. Bahkan, beberapa judul novel di NovelToon sudah dapat adaptasi sebagai web series.

4. Amazon Kindle

Amazon Kindle tentu sudah tidak asing lagi sebagai aplikasi ebook. Aplikasi besutan Amazon ini
merupakan penyedia layanan membaca buku, termasuk novel. Tidak perlu khawatir, Amazon Kindle juga menyediakan beberapa judul ebook gratis lho.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur keren. Salah satunya adalah kamus, sehingga memudahkan kamu dalam memahami kosa kata yang masih asing. Kamu juga dapat meminjam judul novel digital di perpustakaan terdekat di sekitarmu.

Jika kamu sedang malas melihat layar, fitur audiobook ikut tersedia. Fitur ini dapat membuat kamu menikmati novel dalam bentuk audio.

5. Storial

Storial menjadi salah satu platform membaca dan menulis novel yang wajib kamu gunakan. Menariknya, Storial juga merupakan platform buatan orang Indonesia. Faktanya, platform ini merupakan tim di balik Nulisbuku.com, situs penyedia buku print on demand di mana penulis pemula dapat menerbitkan buku secara mandiri.

Beberapa judul novel tersedia sebagai cerita premium yang mengharuskan kamu membeli Storial Coin. Meski begitu, Storial masih menyediakan banyak judul novel gratis tanpa beli koin buatan penggunanya. Kamu dapat memberi komentar dan memberi rating sebagai bentuk apresiasi pada penulis.

Seperti NovelToon, Storial juga memiliki fitur AudioStory, di mana kamu dapat mendengarkan judul novel dalam bentuk audio. Genre novelnya cukup beragam, mulai dari romance, anak, fantasi, hingga thriller. Beberapa di antaranya sudah menjadi bentuk cetak yang dijual di toko buku.

6. HiNovel

Aplikasi baca novel offline selanjutnya adalah HiNovel. Aplikasi ini menyediakan beragam cerita romance yang tidak kalah seru dari drama Korea atau web series lokal genre romance. Ini menjadi cocok bagi kamu yang merupakan pembaca berusia remaja.

HiNovel memiliki fitur cukup unik. Setelah membuat akun dan login, kamu akan mendapat misi berhadiah koin gratis setiap harinya. Salah satunya adalah saat kamu sedang membaca sebuah judul novel. Kamu dapat menukar koin tersebut dengan reward tertentu.

Satu lagi fitur HiNovel adalah Rekomendasi Personal. Fitur ini akan merekomendasikan judul novel sesuai dengan preferensi novel yang telah kamu baca setiap harinya.

7. Webnovel

Berikutnya, Webnovel dapat menjadi rekomendasi selanjutnya jika kamu mengincar platform baca novel gratis tanpa koin. Aplikasi ini menyediakan berbagai genre novel yang cukup beragam.

Bahkan, mayoritas judul novel di platform ini sering update bab baru setiap hari, sehingga kamu tidak akan merasa bosan menunggu.

Webnovel memiliki komunitas pembaca dan penulis yang sangat aktif dan tidak kalah dari Wattpad dan NovelToon. Kamu bisa memberi pendapat setelah membaca sebuah judul novel sebagai bentuk apresiasi.

Aplikasi ini juga sangat rutin menggelar kontes menulis novel dengan hadiah cukup besar. Salah satunya adalah publikasi sebagai cerita premium, uang tunai, atau kesempatan dapat adaptasi sebagai web series.

8. Fizzo Novel

Bagi yang mengincar platform baca novel offline gratis tanpa koin, Fizzo Novel dapat menjadi pilihan. Tidak jauh berbeda dari aplikasi sebelumnya, Fizzo Novel menyediakan judul novel berkualitas tinggi secara gratis.

Genre judul novel di Fizzo Novel masih sangat beragam, mulai dari romance hingga thriller. Tersedia pula lebih dari delapan ribu judul novel di platform ini, semuanya gratis.

Seperti beberapa platform sebelumnya, Fizzo Novel menyediakan fitur audiobook. Fitur ini akan memudahkan jika kamu ingin menikmati novel dalam bentuk audio. Kamu dapat mengunduh judul novel di platform ini jika ingin membaca secara offline.

Penutup

Itulah delapan rekomendasi 8 aplikasi novel gratis tanpa beli koin dan offline. Berkat aplikasi jenis tersebut, kamu tidak perlu repot lagi membaca novel digital dengan membeli ebook-nya.
Bahkan, beberapa aplikasi menyediakan wadah agar dapat mempublikasi cerita kamu sendiri dan mendapat feedback dari pembaca.

Exit mobile version