7 Cara Mengatasi Video TikTok Tidak Ada Suara

Cara Mengatasi Video TikTok Tidak Ada Suara

TikTok merupakan salah satu sosial media berbasis video dengan pengguna terbanyak saat ini. TikTok kerap digunakan untuk media refreshing karena banyak sekali video unik dan menarik yang menghibur. Sebagai pengguna, pastinya Anda pernah mengalami suara TikTok tidak muncul, apa penyebabnya? Jangan khawatir! Artikel ini akan membahas mengenai cara mengatasi video TikTok tidak ada suara.

Cara Mengatasi Video TikTok Tidak Ada Suara

Umumnya saat menonton video TikTok audio dan visual pada sebuah video akan aktif secara bersamaan. Tetapi pada beberapa akun kreator secara khusus membisukan suara pada video TikTok, sehingga tidak ada suara. Tetapi, pada beberapa kasus biasanya suara TikTok hilang akibat adanya error pada akun tersebut. Langsung saja berikut cara mengatasi video TikTok tidak ada suara.

1. Musik Terkena Hak Cipta

Apabila audio atau musik yang digunakan melanggar hak cipta, secara otomatis sistem TikTok akan menghapus audio yang digunakan pada video. Pelanggaran hak cipta ini kerap terjadi pada musik dan voice over, jadi tak heran jika banyak video TikTok tidak memiliki suara.

Bagi Anda yang ingin membuat video TikTok, pastikan untuk menggunakan musik bebas hak cipta. Sebab aplikasi ini menerapkan peraturan hak cipta yang cukup ketat, sama halnya seperti YouTube. Jika musik melanggar hak cipta, otomatis video hanya akan menampilkan visualnya saja tanpa adanya suara.

2. Update Aplikasi TikTok

Versi aplikasi juga mempengaruhi, sebab pada beberapa kasus TikTok versi lama tidak memiliki fitur pada video, seperti suara vt. Agar terhindar dari masalah ini, sebaiknya update aplikasi secara berkala agar semua fitur pada TikTok dapat Anda gunakan dengan baik dan normal.

3. Meningkatkan Volume

Pada beberapa kasus pengguna TikTok kerap tak sadar jika opsi volume yang mereka gunakan masih dalam keadaan mati. Jadi video yang diputar tidak mengeluarkan suara apapun. Untuk memastikan agar volume Anda dalam keadaan hidup atau mati, berikut caranya:

4. Restart Perangkat

Melakukan restart pada HP juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi video TikTok tidak ada suara. Sebab dengan melakukan restart atau reboot, file dan sistem aplikasi pada perangkat akan kembali fresh. Dengan begitu semua masalah dan bug yang terjadi pada HP bisa diatasi.

Jika Anda berhasil melakukan restart, segera periksa aplikasi TikTok dan cobalah mengunggah sebuah video. Jika cara ini masih belum bisa memulihkannya, Anda harus mengikuti cara selanjutnya.

5. Pastikan Sinyal Stabil

Koneksi internet yang Anda gunakan juga sangat mempengaruhi, sebab TikTok merupakan aplikasi berbasis video streaming yang memerlukan sinyal internet kuat untuk memutar sebuah video. Jadi tak ada salahnya untuk memastikan dan menggunakan jaringan dengan sinyal internet yang kuat dan stabil. Atau jika Anda menggunakan WiFi sebaiknya gunakan saja karena biasanya koneksi internet WiFi jauh lebih stabil dan lancar.

6. Matikan Mode Hening

Apabila HP yang Anda gunakan sedang dalam mode hening, cobalah untuk menggantinya ke dalam mode normal. Mungkin saja cara ini bisa mengatasi permasalah video TikTok tidak ada suaranya, berikut langkah-langkahnya:

7. Melaporkan Masalah

Jika cara mengatasi video TikTok tidak ada suara di atas tadi masih belum berhasil Anda lakukan, maka jalan terakhir adalah melaporkan masalah tersebut kepada CS TiKToK. Karena biasanya video yang bermasalah terindikasi sebagai video yang mengandung kekerasan, pornografi, dan provokasi oleh sistem TikTok sehingga melanggar ketentuan TOS. Ikuti langkah berikut untuk melapor kepada CS TikTok:

Itulah tadi 7 cara mengatasi video TikTok tidak ada suara. Jika masalah tersebut masih terus berlanjut, sebaiknya uninstall aplikasi TikTok dan cobalah untuk mendownload kembali. Semoga bermanfaat!

Exit mobile version