7 Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android

cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka

Palingit.com – Aplikasi pada ponsel Android memungkinkan pengguna melakukan berbagai kegiatan. Terkadang, aplikasi mengalami gangguan sehingga tidak bisa dibuka. Sehingga kamu harus mencari tahu cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android.

Alasan kenapa aplikasi tidak bisa dibuka dan keluar sendiri bisa bervariasi. Mulai dari menumpuknya cache, memori penuh, bug, atau aplikasi tersebut merupakan versi beta.

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Adanya gangguan pada sistem terkadang menyebabkan kamu tidak membuka aplikasi. Biasanya ditunjukkan dengan tanda seperti force close. Terkadang muncul notifikasi bertuliskan “Not Enough Memory”, “Not responding”, atau “Aplikasi terhenti”.

Jika ponsel kamu mengalami masalah serupa, maka kamu bisa mencoba cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka berikut ini:

1. Me-restart Hp

Restart umum menjadi kiat pertama untuk mengatasi gangguan sistem pada perangkat. Metode sederhana ini biasanya efektif untuk mengatasi aplikasi tidak mau membuka akibat RAM penuh atau
gangguan sistem service.

Dengan restart, perangkat akan menghentikan semua proses dalam sistem lalu kembali ke kondisi normal. Cara ini juga dapat mengurangi penggunaan RAM karena terpakai oleh banyak aplikasi yang
bekerja secara bersamaan.

2. Membersihkan Cache

Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android selanjutnya adalah menghapus cache.  Cache merupakan file sementara yang berasal dari sistem dan aplikasi. Adanya cache memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi dengan lebih cepat. Namun, seiring waktu file cache dapat menumpuk dan berdampak merugikan karena bisa menghabiskan ruang penyimpanan
internal ponsel.

Kamu bisa menghapus cache melalui Setelan atau Pengaturan perangkat. Berikut caranya:

     Buka Pengaturan atau Settings

     Lalu tap menu Kelola Aplikasi

     Selanjutnya, cari dan pilih aplikasi yang bermasalah

     Tap Hapus Data, kemudian pilih Bersihkan Cache

   Konfirmasi penghapusan cache dengan menekan OK

Selain membersihkan cache pada aplikasi yang bermasalah, kamu juga bisa melanjutkan membersihkan cache pada aplikasi lain dan cache sistem.

3. Paksa Berhenti dan Menghapus Data Aplikasi

Jika cara memperbaiki aplikasi yang error dengan membersihkan cache belum berhasil, maka kamu bisa mencoba menghentikan aplikasi secara paksa (force stop). Setelah itu, hapus data aplikasi untuk mengembalikan kondisi default.

Force stop berbeda dengan uninstall atau mencopot pemasangan. Cara ini tidak menyebabkan aplikasi hilang, tapi mengembalikannya seperti kondisi awal saat baru diinstal.

Sementara menghapus data aplikasi akan menyebabkan cache, cookies, data login, history, dan data lain dalam aplikasi menghilang.

Melakukan force stop dan menghapus data, biasanya ampuh untuk mengalami aplikasi yang gagal membuka karena terlalu lama loading.

Berikut cara melakukan force stop dan menghapus data:

     Buka menu Pengaturan pada ponsel kamu

     Pilih Kelola Aplikasi, lalu cari dan pilih aplikasi yang bermasalah

     Setelah itu akan muncul beberapa opsi, tap pada opsi “Paksa Berhenti”

   Kemudian tap opsi “Hapus Data”

4. Melakukan Update Aplikasi

Pengembang umumnya mengadakan pembaruan pada aplikasi setiap beberapa waktu. Pembaruan ini akan menyesuaikan aplikasi dengan tampilan serta sistem Android yang juga selalu update.

Terkadang penyebab aplikasi tidak bekerja dengan normal adalah karena belum kamu update. Melakukan pembaruan atau update sistem dan aplikasi membuat perangkat kamu mendapatkan peningkatan dan perbaikan performa aplikasi.

Oleh karena itu, saat aplikasi tidak bisa kamu buka, cobalah mengecek versi aplikasi yang terpasang. Kamu juga bisa langsung mengecek pembaruan melalui Play Store.

Cara update aplikasi lewat Play Store yaitu:

     Buka aplikasi Play Store pada ponselmu

     Buka pada bagian menu, lalu pilih opsi “Aplikasi dan game saya”

     Play Store akan menampilkan daftar aplikasi yang terpasang pada ponsel kamu

   Cari aplikasi yang mengalami masalah, lalu pilih Update

5. Menginstal Ulang Aplikasi

Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android selanjutnya adalah dengan menginstal ulang aplikasi yang bermasalah.

Apabila cara sebelumnya tidak dapat membantu, kamu bisa mencoba menghapus pemasangan (uninstall) aplikasi dan memasang kembali. Terkadang aplikasi dapat mengalami masalah serius sehingga
tidak dapat memperbaiki dengan pembersihan cache maupun update.

Menginstal ulang dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Pasalnya, kamu akan mendapatkan aplikasi dengan kondisi default. Sistem juga akan menganggap aplikasi tersebut sebagai baru.

Cara mencopot pemasangan aplikasi ialah sebagai berikut:

     Buka Pengaturan pada ponsel kamu

     Tap Kelola Aplikasi, lalu cari dan pilih aplikasi yang mengalami masalah

     Tap opsi Uninstall

     Selanjutnya, tap OK untuk mengkonfirmasi pencopotan pemasangan aplikasi

   Tunggu sebentar hingga proses uninstall selesai. Biasanya akan muncul notifikasi bahwa aplikasi sudah ter-uninstall.

Setelah itu, kamu bisa membersihkan cache lalu me-restart ponsel. Kemudian saat ponsel kembali hidup, kamu bisa membuka Play Store untuk menginstal kembali aplikasi yang sudah terhapus.

6. Reset Android

Sistem Android dapat mengalami gagal membaca data aplikasi dan tidak dapat memulai aplikasi.
Artinya, aplikasi kamu mungkin tidak bermasalah, tapi eror terjadi pada sistem Android.

Dalam kasus demikian, menghapus cache, melakukan force stop, maupun menginstal ulang aplikasi dapat tidak membantu. Maka kamu bisa mencoba me-reset Android.

Metode ini biasanya menjadi salah satu opsi terakhir karena menimbulkan beberapa risiko yang merugikan pengguna. Pasalnya, reset akan membuat ponsel kamu kembali ke pengaturan pabrik. Dengan kata lain, ponsel akan menjadi seperti saat baru beli.

Akibatnya, semua aplikasi yang terpasang dan bukan bawaan pabrik akan terhapus. Demikian pula dengan data yang tersimpan pada aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, sebelum melakukan reset Android, sebaiknya kamu membuat backup data penting yang tersimpan dalam ponsel.

Berikut cara melakukan reset Android:

     Buka Pengaturan pada ponsel kamu

     Pilih Setelan tambahan, lalu tap opsi Cadangkan & Setel Ulang

     Selanjutnya, pilih “Kembali ke setelan pabrik”

     Tap opsi “Setel ulang telepon”

     Masukkan pola kunci atau kata sandi untuk mengkonfirmasi reset Android

   Tunggu sampai proses reset selesai

7. Aplikasi Tidak Kompatibel

Apabila cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Android tidak membantu, maka kemungkinan aplikasi tersebut memang tidak kompatibel untuk ponsel kamu.

Aplikasi yang tidak kompatibel akan sering mengalami error, bahkan terhenti dengan sendirinya hingga terkena force stop. Hal ini karena perangkat tidak memiliki versi sistem operasi yang sesuai atau spesifikasi perangkat tidak mencukupi.

Nah, ada baiknya sebelum memutuskan untuk reset Android, kamu mencoba mengecek lebih dulu apakah aplikasi tersebut kompatibel pada ponsel yang kamu pakai.

Beberapa aplikasi tertentu bahkan hanya akan beroperasi pada brand pengembang. Misalnya aplikasi pemutar musik Samsung Music.

Siapa saja dapat mengunduh aplikasi ini dari Play Store. Akan tetapi, Samsung Music hanya mendukung pemutaran musik pada perangkat dari brand Samsung.

Penutup

Itulah 7 cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android. Kamu bisa mencoba melakukan cara-cara tersebut untuk mengatasi masalah aplikasi. Semoga dapat membantu.

Exit mobile version