6 Cara Mengatasi Headset tidak Terdeteksi di Laptop

headset tidak terdeteksi di laptop

Mendengarkan musik melalui headset tak selalu mengandalkan perangkat ponsel atau smartphone. Dalam beberapa aktivitas tertentu, Anda juga bisa menggunakan hadset di laptop. Lalu bagaimana jika headset tidak terdeteksi di laptop?

Jangan buru-buru membeli headset baru. Anda bisa melakukan langkah-langkah mudah untuk mengatasi situasi tersebut. Simaklah penjelasan berikut.

Cara Mengatasi Headset tidak Terdeteksi di Laptop

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda aplikasikan ketika headset tidak terdeteksi di laptop. Cara tersebut di antaranya

1. Scan for Hardware Changes

Jangan terlalu cepat menyimpulkan bahwa headset yang tidak terdeteksi pada laptop atau komputer Anda rusak. Bisa jadi bukan headset ataupun laptop yang rusak, melainkan Anda hanya perlu melakukan scanning. Hal itu bertujuan agar laptop dapat memindai hardware apa saja yang mengalami perubahan pada sistem.

Nah, ketika headset tidak terdeteksi di laptop, bisa jadi sistem komputer tersebut belum membaca perubahan soundcard. Alhasil, headset tidak terdeteksi.

Untuk melakukan scan for hardware changes ini, Anda hanya perlu melakukan beberapa tahapan. Langkah itu, yakni

2. Update Driver Software

Ketika headset tidak terdeteksi di laptop, bisa jadi karena perangkat yang Anda gunakan masih versi lama. Untuk itu, salah satu cara mengatasi problem headset ini adalah dengan melakukan update driver software. Ikuti langkahnya

3. Manfaatkan Driver Booster

Ketika Anda telah memperbarui software soundcard namun masih gagal, coba gunakan aplikasi pihak ketiga. Driver booster dapat membantu Anda menangani masalah headset tidak terdeteksi di laptop. Adapun langkahnya, sebagai berikut:

4. Menginstall Driver Soundcard

Cara selanjutnya untuk mengatasi headset tidak terdeteksi ini adalah dengan menginstal driver soundcard. Kartu suara (soundcard) memiliki peran yang sangat penting dalam proses mengubah data digital menjadi data suara.

Maka dari itu, salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan adalah menginstal driver kartu suara. Biasanya soundcard bawaan telah tersedia dalam laptop. Anda tinggal menginstalnya lalu lakukan restart, dan lihat apakah headset Anda telah terdeteksi atau belum.

5. Ubah Mode Headset

Headset tidak terdeteksi di laptop bisa jadi juga karena format pengaturan berada dalam posisi disable. Untuk itu, Anda hanya perlu mengubahnya ke setting enable dengan cara berikut ini.

6. Cek Kondisi Headset

Jika masalah itu bukan dari laptop, barangkali itu berasal dari headset Anda sendiri. Maka dari itu, cobalah untuk mengecek apakah headset benar-benar masih berfungsi atau tidak. Anda bisa coba memasangkan headset ke perangkat lain untuk mengecek apakah perangkat itu masih berfungsi dengan optimal.

Jika headset masih berfungsi di perangkat lain, bisa jadi ada masalah pada perangkat laptop. Misalnya, port yang rusak. Tapi jika tidak, maka Anda terpaksa mengganti headset  yang tidak dapat terdeteksi pada laptop Anda.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, agar kondisi headset maupun laptop dapat Anda pastikan.

Exit mobile version