Snapdragon vs MediaTek, Mana yang Paling Terbaik?

Salah satu chipset dengan performa terbaik saat ini adalah Snapdragon dan MediaTek. Lalu mana yang terbaik antara Snapdragon vs MediaTek?

Berbicara masalah chipset untuk smartphone, mungkin Anda akan teringat persaingan Snapdragon vs Mediatek. Kedua merek ini memang merupakan pemain utama dalam dunia chipset untuk smartphone. Sudah banyak smartphone yang menggunakan produk dari keduanya.

Popularitas dari Snapdragon dan MediaTek hanya tersaingi oleh Apple Bionic yang menjadi chipset untuk semua perangkat keluaran Apple. Exynos yang menjadi chipset milik Samsung, dan Kirin yang menjadi chipset untuk produk Huawei.

Mana yang Terbaik Antara Snapdragon vs MediaTek?

Persaingan antara Snapdragon vs MediaTek memang cukup menarik untuk diikuti. Meski bisa dibilang keduanya sebenarnya memiliki pasarnya tersendiri. Snapdragon misalnya, dengan semua kelebihan dan kekurangan Snapdragon, chipset ini banyak digunakan oleh smartphone flagship.

Hal ini berbeda dengan MediaTek, dengan semua kelebihan dan kekurangan MediaTek, penggunaan chipset ini cukup laku untuk kalangan smartphone Entry level dan menengah. Jika dilihat dari sini saja sudah terlihat perbedaan pasar dari kedua chipset ini.

Lalu jika dibandingkan secara langsung, manakah yang terbaik antara Snapdragon dan MediaTek?

1. Pangsa Pasar

Jika dilihat dari pangsa pasar, maka sesuai penjelasan sebelumnya jika Snapdragon lebih banyak digunakan untuk smartphone dengan performa tinggi. Dalam hal ini, Snapdragon memang memiliki banyak sekali chipset untuk kelas atas, yang terbaru adalah Snapdragon 8 Gen 1.

Sementara MediaTek sudah terkenal sebagai chipset untuk kalangan menengah namun dengan kualitas yang prima. Penggunaan chipset ini memang memberikan banyak keuntungan pada smartphone dengan harga terjangkau namun memiliki kualitas yang sangat bisa Anda andalkan.

2. Performa

Jika berbicara masalah performa, maka mungkin salah satu yang menjadi pertanyaan adalah cepat panas mana MediaTek atau Snapdragon? Dari hal ini akan terlihat mana yang memiliki ketahanan lebih baik dan tidak. Sehingga perbedaan kualitas performa akan terlihat jelas.

Untuk membandingkan hal ini maka baik MediaTek maupun Snapdragon memang memiliki beberapa produk unggulan. Meski demikian beberapa produk dari Snapdragon memang lebih unggul. Misalkan saja jika membandingkan MediaTek dan Snapdragon untuk game.

Dalam hal ini maka Snapdragon 675 jauh lebih unggul daripada MediaTek Helio P70. Bahkan chipset MediaTek Helio P90 yang dinilai paling cepat saja masih kalah jika dibandingkan Snapdragon 730. Kedua chipset ini banyak digunakan untuk smartphone flagship.

3. Harga

Jika berbicara masalah harga, maka untuk Anda yang memiliki budget terbatas namun ingin performa smartphone yang maksimal maka MediaTek merupakan jawabannya. Dalam hal smartphone kelas menengah dan low, MediaTek memang benar-benar unggul.

Dalam hal ini, penggunaan MediaTek seolah menjadi pilihan untuk smartphone di bawah 4 Juta. Dengan harga yang sangat terjangkau namun bisa menawarkan performa yang sangat maksimal. Penggunaan MediaTek juga banyak untuk smartphone entry level.

Hal ini akan berbeda jika dibandingkan Snapdragon. Kebanyakan, penggunaan chipset dari Qualcomm ini adalah smartphone flagship atau yang memiliki performa sangat tinggi. Snapdragon memang cukup unggul terutama dalam masalah kecepatan.

Jadi Mana yang Paling Unggul?

Kembali ke pertanyaan mana yang lebih unggul antara Snapdragon vs MediaTek? Sebenarnya keduanya memang memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Contohnya, MediaTek bisa menghasilkan kualitas grafis yang jauh lebih baik dari Snapdragon.

Di sisi lain, harga MediaTek juga jauh lebih murah. Namun kekurangan terbesar dari Mediatek adalah kualitas hardware yang bisa dibilang sangat ketinggalan. Selain itu, masalah lain dari MediaTek adalah overheat yang sering terjadi.

Di sisi Snapdragon, beberapa serinya sudah memiliki kualitas grafis yang setara dengan MediaTek. Namun keunggulan terbesar dari chipset ini adalah masalah performa dan kestabilan. Snapdragon bisa dibilang unggul jauh dari MediaTek.

Sementara dua kekurangan utama Snapdragon adalah masalah harga dan RAM yang lebih boros. Jika dilihat dari penjelasan di atas, maka jelas jika Snapdragon vs MediaTek memang memiliki pasarnya sendiri.

Suka dengan perkembangan digital, karena itu saya mencoba terjun ke Dunia Blogger.
© Paling IT. All rights reserved. Distributed by Pixabin