Snapdragon 8 Gen 1, Apa Saja Keunggulannya Selain Kamera?

Salah satu chipset keluaran terbaru yang banyak digunakan saat ini adalah Snapdragon 8 Gen 1. Apa saja keunggulan dari chipset tersebut?
Keunggulan Snapdragon 8 Gen 1

Chipset merupakan bagian penting dalam sebuah smartphone. Bisa dibilang, bagian ini merupakan otak dari smartphone itu sendiri. Sehingga tidak heran jika semakin baik chipset semakin baik juga performa smartphone tersebut. Salah satu jenis yang banyak digunakan ponsel flagship saat ini adalah Snapdragon 8 Gen 1.

Chipset keluaran dari Qualcomm ini sendiri memang menawarkan banyak hal yang lebih baik. Salah satu bagian yang banyak mendapat sorotan dari penggunaan processor Snapdragon 8 Gen 1 adalah pada bagian kamera.

Keunggulan Snapdragon 8 Gen 1

Chipset keluaran terbaru ini merupakan chipset Qualcomm pertama yang menggunakan fabrikasi 4nm. Dengan hal ini, maka akan membuat performa dari chipset semakin meningkat. Beberapa fitur yang mengalami upgrade seperti kompatibilitas dengan jaringan 5G dan juga dukungan AI.

Di lain sisi, HP Snapdragon 8 Gen 1 juga dinilai akan mengalami peningkatan kinerja sebanyak 20 persen dan bisa menghemat daya sebanyak 30 persen. Selain itu, beberapa keunggulan lain dari chipset satu ini antara lain:

1. Menggunakan CPU ARMv9

Jika melihat spesifikasi Snapdragon 8 Gen 1, maka satu hal yang menarik adalah penggunaan CPU ARMv9. Chipset ini sendiri dibangun dalam 8 core. 1 inti core Cortex x2 3 GHZ, 3 core Cortex A710 2,5 GHz, dan 4 core Cortex A510 1,8 GHz.

Dengan konstruksi tersebut selain peningkatan performa dan daya baterai, chipset ini juga akan mampu meningkatkan kemampuan machine learning yang jauh lebih cepat. Selain itu, kemampuan AI nya juga akan semakin meningkat.

2. Kamera Semakin Bertenaga

Salah satu keunggulan dari chipset ini adalah pada sisi kamera yang akan semakin powerfull. Pada versi terbaru ini maka Snapdragon 8 Gen 1 akan mampu memproses data 3,4 Gigapixel per detik. Dalam penggunaanya, maka smartphone bahkan bisa dipasang 1 kamera 200 MP atau 3 kamera 36 MP.

Penggunaan untuk mendukung perekaman video juga mengalami peningkatan. Chipset ini bisa merekam dengan kualitas 8K 30fps, dan sudah mendukung perekaman untuk HDR10 dan HDR10+. Kemampuan kamera ini bahkan sudah setara dengan kamera profesional.

3. Gaming

Untuk kebutuhan gaming, maka chipset yang satu ini juga bisa Anda andalkan. Dari segi grafis, maka chipset ini bisa meningkatkan kualitasnya sebanyak 30 persen. Di saat yang bersamaan daya baterai juga jauh lebih hemat setidaknya 25 persen.

Penggunaan chipset ini juga bisa Anda andalkan jika ingin bermain dalam game grafis tinggi. Keunggulan lain dari chipset ini adalah rendering volumetrik, dukungan kecepatan refresh rate 144 Hz pada resolusi QHD dan peningkatan variabel shading.

4. Performa

Hal tidak kalah penting lainya dari chipset ini adalah masalah performa. Salah satu keunggulan dari chipset Snapdragon 8 Gen 1 adalah kemampuannya dalam koneksi jaringan 5G. Ini merupakan terobosan baru setelah versi sebelumnya hanya mampu menangkap jaringan 4G.

Di lain sisi, Snapdragon 8 Gen 1 ini juga dilengkapi dengan konektivitas lain seperti teknologi nirkabel 6E, Bluetooth 5.2 dan Snapdragon Sound. Untuk urusan performa, maka penggunaan chipset yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1

Penggunaan chipset ini sendiri mulai banyak digunakan. Terutama untuk smartphone dengan performa yang cukup tinggi. Chipset snapdragon ini memang menjadi update dari versi sebelumnya yaitu Snapdragon 888.

Jika berbicara masalah rekomendasi handphone dengan Snapdragon 8 Gen 1 ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih. Seperti misalnya Samsung Galaxy S22, Xiaomi 12 Pro, Oppo Find X5 Pro, dan lainnya. Beberapa jenis smartphone ini memang merupakan ponsel flagship - unggulan.

Suka dengan perkembangan digital, karena itu saya mencoba terjun ke Dunia Blogger.
© Paling IT. All rights reserved. Distributed by Pixabin