Hati-Hati! 5 Kebiasaan Bikin Baterai HP Cepat Rusak

Ada banyak orang tak peduli dengan kesehatan baterai HP. Ini deretan kebiasaan buruk bikin baterai HP cepat rusak.
Baterai HP Cepat Rusak
Baterai HP Cepat Rusak

Tak jarang dipungkiri kalau bagian HP yang sering mengalami kerusakan ialah baterai. Padahal untuk menggantinya juga cukup menguras kantong para pengguna, karenanya mereka lebih memilih membeli baterai alternatif atau non-original.

Baterai yang rusak akan mengalami kinerja smartphone menjadi menurun. Misalnya, setelah HP di-cas sampai 100%, berlangsung kurang dari 10 menit baterai berkurang hingga 50%.

Lantas, apa sih penyebab baterai HP cepat rusak? Simak artikel ini baik-baik, ya!

Kebiasaan yang Bikin Baterai HP Cepat Rusak

Ada banyak poin-poin perlu diperhatikan guna mengetahui kebiasaan yang membuat baterai smartphone jadi cepat rusak, di antaranya:

  • Penggunaan HP yang berlebihan.
  • Kebiasaan mengecas HP dalam kondisi panas. 
  • Terlalu sering menggunakan powerbank murah.
  • Dan lain-lain.

Untuk lebih detail, di bawah ini terdapat deretan kebiasaan buruk bikin baterai HP cepat rusak.

Sering Charge Semalaman

Apakah kamu termasuk orang yang mengecas ponsel ketika ingin tidur semalaman? Jika iya, tentu ini tidak bagus bagi kesehatan baterai HP.

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, berjudul Cara Ngecas HP yang Benar, bahwasanya mengecas HP semalaman akan berakibat Trickle Charging.

Baca juga: Cara Ngecas HP yang Benar

Apa itu Trickle Charging? Ia merupakan istilah di mana sebuah HP ketika di-cas hingga baterai penuh namun belum dicabut, akan menjaga persentase baterai agar penuh selalu.

Contohnya, baterai HP sudah 100% beberapa menit kemudian turun satu persen sehingga HP pun di-cas kembali, berulang-ulang seterusnya. Nah, pastinya agak sedikit kurang baik, kan?

Meskipun HP keluaran sekarang sudah dilengkapi Auto-Cut supaya baterai ketika 100% tidak mengecas lagi, tetapi tetap saja tidak sepenuhnya aman. Paling baik ialah baterai penuh, langsung cabut.

Tetap Menggunakan HP Saat Dicas

Saat sedang di-cas memang sebaiknya HP dalam kondisi mati dan tidak dimainkan. Akan tetapi pada kenyataannya, banyak sejumlah pengguna tetap memainkan ponsel saat sedang di-charge. 

Seperti bermain game, scrolling sosial media, streaming video, dan lain sebagainya.

Padahal kebiasaan ini sangat enggak baik daya baterai, sebab suhu akan naik ketika di-cas, ditambah HP dalam kondisi dimainkan, tentu akan merusak bagian penting dari HP, kan?

Memakai Powerbank Murah

Powerbank memang sangat berguna saat baterai HP hampir habis, terlebih jika sedang dalam perjalanan. Namun, memilih powerbank juga harus berhati-hati.

Ada banyak sekali tipe powerbank, salah satunya ada yang berbahaya bagi kualitas baterai HP. Tidak lain ialah powerbank murah, yang memiliki kualitas rendah tentunya cenderung tidak baik untuk kesehatan baterai ponsel.

Apalagi banyak menyebutkan bahwa powerbank harga miring menggunakan baterai daur ulang. Nah, maka dari itu, stop kebiasaan menggunakan powerbank murah dan segera mengganti ke yang lebih bagus.

Menggunakan Charger yang Tak Sesuai

Selain powerbank, hal paling penting selanjutnya ialah memilih charger yang sesuai dengan spesifikasi HP kamu. Sayangnya, banyak orang tidak peduli apakah charger yang digunakan sudah sesuai atau belum.

Meskipun tetap dapat digunakan mengisi daya baterai HP, charger yang tidak sesuai dapat memengaruhi kualitas baterai smartphone itu sendiri.

Oleh karena itu, mulai sekarang jangan asal ngecas HP dengan charger apa pun, lihat dulu apakah merek charger yang dipakai sudah terjamin aman atau belum.

Atau lebih baik menggunakan charger original saja. Selain aman, juga mengisi daya jadi lebih optimal. Tetap jaga kesehatan baterai HPmu, ya!

Mencolok Kabel Bukan pada Adaptornya

Perlu diperhatikan banget nih bahwa mengecas HP tentu harus pada adaptor yang tepat, seperti memakai kepala charger bawaan atau asli.

Jangan terlalu sering mengecas HP dengan modal kabel USB dicolokkan ke laptop atau perangkat lainnya. Terlebih kalau kapasitas baterai HP kamu sangat besar, sudah tentu enggak bagus bagi daya tahan baterai.

Jadi, alangkah baiknya colok kabel HP ke adaptor yang benar supaya tidak terjadi kerusakan pada kabelnya atau HP itu sendiri.

Akhir Kata

Demikian artikel singkat mengenai kebiasaan yang bikin baterai HP cepat rusak. Ciri sederhananya ialah baterai HP menjadi sangat boros, meskipun enggak digunakan sama sekali.

Dimulai dari sekarang, hilangkan kebiasaan buruk di atas agar daya tahan baterai HP kamu lebih awet dan terjaga keamanannya. Semoga bermanfaat, ya!

Suka dengan perkembangan digital, karena itu saya mencoba terjun ke Dunia Blogger.
© Paling IT. All rights reserved. Distributed by Pixabin