7+ Cara Mengatasi HP Android Sering Lag Ngefreeze [Trik Ampuh]

HP seketika lemot sudah pasti menjengkelkan, entah ketika sedang main game ataupun scrolling sosial media. Ini deretan penyebab dan cara mengatasinya.
HP Sering Lag
HP Sering Lag

Sejumlah pengguna HP Android tentu sering mengalami masalah lag atau ngefreeze seketika waktu. Entah sedang bermain game atau hanya sekadar scrolling sosial media, HP lag sangat menjengkelkan.

Enggak cuma di merek HP tertentu, HP seperti ASUS, Infinix, Oppo, Realme, Redmi, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan lain sebagainya juga pernah mengalaminya.

Nah, masalah lag biasanya ialah spesifikasi yang menjadi alasan mengapa performa smartphone tidak maksimal seperti yang diharapkan.

Lag atau Ngefreeze kerap terjadi pada HP seri low-end sampai mid-end, terutama yang sudah dipakai bertahun-tahun. Sedangkan ponsel flagship biasanya jarang sekali mengalami masalah ini.

Untuk memahami penyebab dan cara mengatasi HP sering lag, simak artikel ini lebih lanjut, ya!

HP Sering Lag atau Macet Tiba-Tiba

Banyak sekali penyebab HP jadi lag atau macet, salah satu di antaranya ialah kinerja CPU terlalu maksimal dan RAM penuh. Ingat, tiap HP punya kemampuannya masing-masing.

Misalnya saja nih kamu membuka beberapa aplikasi sekaligus seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dan Telegram.

Tentunya kemampuan CPU dan RAM bekerja semaksimal mungkin sehingga HP menjadi lemot gara-gara banyaknya aplikasi latar belakang yang terus berjalan.

Bagi kamu yang punya HP dengan spesifikasi terbaik dan memiliki RAM HP di atas 4 GB enggak masalah, sebab biasanya cukup kuat untuk menjalankan beberapa aplikasi di atas secara bersamaan.

Namun, bagi yang memiliki HP seri low-end (biasa mempunyai RAM di bawah 3GB) pastinya jadi masalah besar bagi HPnya, sebab aplikasi jaman sekarang memakan CPU dan RAM cukup tinggi.

Penyebab HP Sering Lag Mendadak

Selain pembahasan di atas, mungkin belum cukup kalau tidak dibahas secara rinci. Maka dari itu, berikut di bawah ini deretan penyebab HP sering lag ngefreeze seketika.

Banyaknya Aplikasi yang Berjalan

Seperti yang telah dijelaskan tadi, banyaknya aplikasi berjalan di latar belakang tentu menjadi salah satu penyebab hp sering lag.

Hal ini wajar sebab jika kamu mengakses lebih dari satu aplikasi dalam waktu bersamaan, maka akan membuat RAM HP menjadi penuh terlebih kalau aplikasinya berukuran cukup besar.

Aplikasi Terinstal Terlalu Banyak

Meskipun ruang penyimpanan HP cukup besar bukan berarti kamu bebas menginstal beberapa aplikasi maupun game. Ini tentu bisa menjadi faktor penyebab hp sering lag atau macet.

Ingatlah bahwa semakin banyak aplikasi yang diinstal, maka makin lemot pula hp android kesayanganmu. Menghapus aplikasi yang tidak dipakai dapat menjadi solusi hp sering lag.

Data Cache yang Berlebihan

Data cache akan terus bertambah seiring berjalannya waktu, terlebih jika kamu sering membuka tutup aplikasi besar seperti sosial media maupun game.

Walaupun sejatinya file cache itu berfungsi agar mempercepat waktu buka aplikasi dan menyimpan data sementara, namun tetap saja harus dihapus apabila ukurannya sudah melebihi batas (250-500MB).

Sering-seringlah membersihkan file sampah seperti cache yang tersimpan di dalam sistem. Caranya mudah, masuk ke Pengaturan > Penyimpanan > Data dalam cache, lalu klik dan hapus semua file tersebut. Ini dapat menjadi solusinya.

Akan tetapi, apabila kamu tidak bisa manual membersihkannya, bisa dengan memakai aplikasi cleaner bawaan maupun pihak ketiga yang tersedia di Playstore.

Memasang Tema dan Wallpaper Animasi

Apabila diperhatikan tema dan wallpaper animasi terlihat keren, namun dibalik itu semua berdampak pada performa HP. Sebab, biasanya memakan banyak RAM dan CPU.

Nah, jika kamu tidak mengimbangi penggunaan aplikasi yang ada di HP, justru akan enggak bagus karena dapat membuat HP menjadi lag dan boros baterai.

Baca juga: Cara Mematikan Paksa HP Baterai Tanam yang Hang

Maka dari itu, jangan berlebihan memasang berbagai tema berat dan juga wallpaper animasi yang terlalu HD jikalau HP kamu tidak cukup kuat untuk mengimbanginya.

HP Tertanam Virus - Aplikasi Berbahaya

Adanya virus maupun aplikasi berbahaya pastinya dapat memperburuk kinerja smartphone. Aplikasi seperti memunculkan iklan terlalu banyak bisa menjadi penyebab hp menjadi lag.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

Atau juga virus seperti malware yang menyerang aplikasi/sistem berdampak buruk bagi performa HP Android. Untuk mengecek apakah ada malware atau tidak, kamu bisa mengunduh apl antivirus terbaik yang tersedia di Playstore.

Mengatasi HP Android Lag Ngefreeze

Mengatasi HP Lag
Mengatasi HP Lag

Simak cara mengatasi hp sering lag agar kamu tidak lagi bingung mencari solusinya. Berikut ini beberapa trik ampuh yang dapat kamu terapkan:

Bersihkan Cache Android

Seperti yang sudah saya bahas di atas, guna meminimalisir terjadinya HP lag atau macet, kamu bisa membersihkan cache secara manual maupun memakai aplikasi. Di bawah ini terdapat dua cara ampuh, manual dan menggunakan aplikasi:

Cara Manual

Trik Cache Manual
Trik Cache Manual

Buka Setelan HP Android kamu.

Pilih Manajer Aplikasi.

Nah, di sana terdapat banyak aplikasi terinstal. Coba klik aplikasi ingin dihapus cache-nya.

Pilih bagian Penyimpanan dan ketuk Hapus Cache. Selesai.

Cara Otomatis dengan Apl Pembersih

Trik Cache Otomatis
Trik Cache Otomatis

Pertama, buka aplikasi cleaner bawaan HP.

Kedua, masuk ke Bersihkan Data.

Ketiga, ketuk Bersihkan. Proses berlangsung selama kurang lebih 1 menit. Selesai.

Hapus Aplikasi Tidak Diperlukan

Aplikasi dan game yang jarang dibuka, sebaiknya uninstal saja agar menghemat ruang penyimpanan sekaligus RAM apabila apl tersebut selalu berjalan di latar belakang secara otomatis.

Menghapusnya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, masuk ke Pengaturan HP.
  • Kedua, pergi ke Manajer Aplikasi.
  • Ketiga, ketuk aplikasi yang ingin dihapus dan ketuk pula Uninstal. Selesai.

Bersihkan Ruang Penyimpanan

Hindari munculnya notifikasi "Ruang penyimpanan hampir habis" supaya performa tetap stabil dan tidak mengalami lag atau macet.

Bersihkan file media seperti foto, video, dokumen yang tak dibutuhkan lagi demi menghemat ruang internal. Atau kamu bisa memindahkannya ke penyimpanan cloud seperti Google Drive ataupun Mediafire.

Bersihkan File Cache WhatsApp

Jika kamu pengguna Whatsapp, terlebih sering chattingan dengan siapa pun, maka kemungkinan besar sudah banyak file cache yang menumpuk di memori internal.

Apabila file menumpuk sangat memakan ruang, maka tidak ada yang tak mungkin internal HP jadi penuh dan berdampak lag atau macet.

File Cache WhatsApp
File Cache WhatsApp

File tersebut sebenarnya bukan benar-benar cache, tetapi ialah data backup dari WhatsApp itu sendiri.

Daripada menghapus, sebaiknya pindahkan saja ke Memori Eksternal. Ini untuk menghindari ketika chat terhapus ataupun jika ganti HP dan ingin chattingan di WhatsApp agar tak terhapus.

Untuk langkah-langkahnya ada di bawah ini:

  1. Buka File Manajer atau Berkas di HP kamu.
  2. Pergi ke direktori WhatsApp.
  3. Pilih semua folder kecuali Media.
  4. Hapus atau pindahkan folder tersebut ke Memori Eksternal. Selesai.

Gunakan Tema dan Wallpaper non-Animasi

Coba gunakan tema dan wallpaper bukan animasi jika HP sering mengalami lag bahkan ngefreeze.

Hal ini beralasan sebab biasanya tema dan wallpaper beranimasi akan membuat kinerja HP bekerja maksimal seterusnya. Selain itu juga baterai HP menjadi boros.

Akan jauh lebih baik performa HP digunakan untuk sistem dan aplikasi terinstal yang jauh lebih penting, daripada hanya sebuah wallpaper animasi.

Apabila HP kamu seri mid-end sampai flagship mungkin enggak jadi masalah, tapi kalau di bawah dari itu sebaiknya jangan, ya. Boleh memasang tema, tetapi tentu yang ringan saja.

Gunakan Antivirus Terbaik

Memakai antivirus terbaik menjadi salah satu hal penting guna mengetahui adanya virus atau tidak bahkan juga sebagai keamanan tambahan.

Sesuatu mungkin terjadi ialah adanya virus/malware melekat di sistem HP sehingga sering terjadinya lag dan freeze. Selain itu, aplikasi abal-abal juga kerap menjadi biang keladinya.

Aplikasi berbahaya seperti berdampak sering munculnya iklan, sudah pasti enggak baik bagi HP. Maka dari itu, antivirus terbaiklah yang menjadi solusinya.

Rekomendasi apl antivirus yaitu Avast Mobile Security, Kaspersky Antivirus, dan ESET Mobile Security. Kamu bisa mengunduhnya di Playstore.

Keuntungan lebihnya jika memakai aplikasi antivirus, selain dapat scan juga bisa membersihkan beberapa file jahat. Entah itu di dalam memori internal maupun sistem.

Melakukan Reset Pabrik

Jika trik di atas kurang berhasil mengatasi hp sering lag, langkah terakhir ialah melakukan Factory Reset atau mengembalikan smartphone ke kondisi awal.

Dengan melakukan reset pabrik, semua data akan terhapus dan beberapa kesalahan (error) yang terjadi juga bisa segera teratasi.

Sebagai contoh, kamu salah mengutak-atik pengaturan sehingga membuat HP jadi sering lag, maka hal ini dapat terselesaikan setelah melakukan factory reset.

Akan tetapi, sebelum melakukannya lebih baik cadangkan terlebih dahulu data dan media penting ke Kartu SD atau perangkat lain agar nantinya bisa dikembalikan lagi.

Reset Pabrik
Reset Pabrik

Untuk langkah-langkahnya, berikut di bawah ini:

  • Pertama, buka Setelan HP kamu.
  • Kedua, masuk ke Cadangkan & Reset.
  • Ketiga, ketuk Kembali ke Setelan Pabrik.
  • Keempat, konfirmasi dan HP akan memulai ulang dengan sendirinya.
  • Kelima, proses reset berlangsung kurang lebih 1-3 menit. Selesai.

Akhir Kata

Adanya trik di atas diharapkan mampu mengatasi HP Android sering lag atau ngefreeze sehingga dapat normal kembali (stabil).

Sesuaikan beberapa solusi di atas dengan apa yang disebabkan dari HP kamu, jadi kalau satu cara sudah ampuh untuk mengatasinya, enggak perlu lagi mengikuti semua langkah di atas (termasuk factory reset).

Jika seandainya ada beberapa langkah berbeda, mungkin dikarenakan tidak semua merek HP mempunyai setelan yang sama, jadi balik lagi ke masing-masing penggunanya. Semoga membantu!

Suka dengan perkembangan digital, karena itu saya mencoba terjun ke Dunia Blogger.

Posting Komentar

© Paling IT. All rights reserved. Distributed by Pixabin