Cara Blokir Iklan di HP yang Mengganggu Tiba-Tiba [100% Work]

Adanya iklan di HP tentu sangat menggangu hal apa pun ketika sedang menggunakannya. Berikut ini cara menghilangkan iklan yang muncul di Android.
Menghilangkan Iklan HP Android
Menghilangkan Iklan HP Android

Suka kesel enggak sih, hp lagi enak dipakai tiba-tiba muncul iklan. Selain mengganggu, munculnya iklan seperti itu sangat tidak baik bagi hp, terlebih jika berpotensi spam.

Bayangkan saja, sebelum iklan tiba-tiba muncul, biasanya akan terasa sedikit lagging yang pasti bikin kesal banget. Apalagi iklan berbasis video, kita jadi harus menunggu waktu cukup lama untuk menghilangkannya.

Nah, iklan ini biasa dikenal dengan jenis popup. Untuk informasi lebih lanjut terkait iklan popup dan cara menghilangkan iklan di hp android, simak artikel lebih lanjut, ya!

Penyebab Iklan Muncul Tiba-Tiba di Layar HP

Iklan yang muncul secara mendadak di hp android biasanya disebabkan oleh aplikasi atau dari sistem sendiri, namun tidak menutup kemungkinan adanya virus (Adware).

Ketiga penyebab tersebut bisa menyerang semua tipe HP Android. Berikut rincian iklan menganggu di layar hp:

Iklan Aplikasi

Merupakan iklan yang berasal dari aplikasi tertentu, biasanya karena kamu mungkin salah download aplikasi di Internet sehingga yang terinstal adalah apl pembawa iklan. Biasanya aplikasi ini berjalan di latar belakang tanpa diketahui.

Iklan Sistem

Jenis iklan ini enggak jarang terjadi di UI Android tipe HP mana pun, yang mana iklan muncul di aplikasi bawaan dan juga notifikasi.

Selain itu, iklan sistem juga bisa muncul secara mendadak, namun jarang sekali terjadi (misalnya hanya ketika membuka kunci layar HP saja).

Iklan Virus

Biasa disebut Adware, jenis iklan ini adalah yang paling menganggu karena dapat muncul sesering mungkin di layar HP.

Biasanya yang terkena iklan virus ini adalah HP kondisi sudah di-root, jadi hati-hati saja, jangan browsing & download di situs sembarangan.

Cara Menghilangkan Iklan Popup di HP Android

Setelah mengetahui penyebab munculnya iklan popup, berikut di bawah ini poin-poin cara blokir iklan di HP Android yang suka muncul tiba-tiba.

Hapus Aplikasi Penyebab Muncul Iklan

Langkah pertama, coba cari dulu aplikasi apa yang sekiranya dalang dibalik iklan muncul tiba-tiba di layar hp.

Buat kamu yang bingung, sebenarnya banyak sekali aplikasi enggak jelas yang sering memunculkan iklan secara mendadak.

Berikut ada sedikit tips mencari aplikasi penyebab muncul iklan dan cara menghapusnya:

Pertama. Buka Playstore di HP kalian terlebih dahulu.

Buka Playstore
Buka Playstore

Kedua. Klik pojok kiri atas dan temukan menu Aplikasi & Game Saya.

Aplikasi Game Saya
Aplikasi Game Saya

Ketiga. Buka tab Terinstal dan cari sekiranya aplikasi tersebut penyebab iklan jadi sering muncul di HP kalian.

Tab Terinstal
Tab Terinstal

Keempat. Jika sudah menemukannya, buka Pengaturan HP kamu kemudian masuk ke Manajer Aplikasi.

Manajer Aplikasi
Manajer Aplikasi

Kelima. Nah, di bagian ini silakan kamu klik aplikasi yang dianggap penyebab iklan lalu Uninstal atau hapus apl tersebut.

Daftar Aplikasi
Daftar Aplikasi

Setelah semua langkah telah dilakukan, coba restart HP kamu dan lihat apakah iklan yang mengganggu masih muncul di HP atau tidak.

Catatan: Kalau iklan sudah tidak muncul di layar HP kamu, berarti memang benar aplikasi tersebut penyebab dibalik semua itu. Tapi jika masih muncul, ada kemungkinan masih terdapat aplikasi lain yang menjadi penyebabnya. Atau bisa saja HP kamu terkena virus.

Scan dengan Antivirus Bawaan

Untuk melihat apakah HP terserang virus atau tidak, kamu harus melakukan scanning dengan antivirus bawaan HP atau yang sedang kamu pakai saat ini.

Tujuannya tentu saja untuk menghilangkan Adware dan Malware yang tersimpan di dalam sistem Android HP kalian.

Beredar banyak antivirus di Playstore, tetapi saya sarankan menggunakan aplikasi bawaan saja. Atau jika tidak ada, bisa pakai Avast ataupun Kaspersky Antivirus.

Sebagai contoh cara scan dengan antivirus bawaan, berikut langkahnya:

Langkah 1. Buka Manajer Telepon (atau sejenisnya) di HP kamu.

Buka Manajer Telepon
Buka Manajer Telepon

Langkah 2. Masuk ke bagian Pemindaian Virus.

Bagian Pemindaian Virus
Bagian Pemindaian Virus

Langkah 3. Tunggu hingga proses pemindaian virus selesai dan lihat hasilnya.

Proses Pemindaian Virus
Proses Pemindaian Virus

Nah, kemudian silakan restart HP kamu lalu cek apakah HP masih ada iklan atau tidak.

Reset HP Android

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa melakukan factory reset HP Androidmu agar semua pengaturan kembali ke semula. Dengan begitu, iklan yang muncul di layar hp mungkin dapat hilang sendirinya.

Akan tetapi sebelum me-reset HP, pastikan semua data penting yang ada di storage internal sudah dicadangkan dengan baik, ya, misalnya ke Kartu SD atau Laptop.

Untuk langkah-langkahnya ada di bawah ini:

Pertama. Masuk ke Pengaturan HP kamu. Lalu klik Cadangkan & Reset.

Cadangkan - Reset
Cadangkan - Reset

Kedua. Silakan klik Kembali ke Setelan Pabrik atau Factory Data Reset.

Setelan Pabrik
Setelan Pabrik

Ketiga. Proses reset HP segera dimulai dan membutuhkan beberapa waktu. Jadi, sabar saja, ya!

Flash Ulang HP Android (Opsional)

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa iklan muncul di HP Android ada tiga penyebabnya: Aplikasi Terinstal, Virus, dan Sistem.

Jika me-reset HP tidak membuahkan hasil apa-apa, tandanya sistem HP kamu sudah ditanam aplikasi atau virus yang menyebabkan iklan sering muncul di HP.

Maka dari itu, cara paling efektif menghilangkan iklan ialah dengan melakukan flashing sistem HP kamu.

Sebab tujuan flashing sendiri untuk mengganti seluruh sistem menjadi benar-benar dari bawaan pabrik. Atau bisa juga mengganti sistem lama ke sistem yang baru.

Untuk caranya, ada banyak di situs lain atau di YouTube. Tinggal searching sesuai merek dan model HP yang dipakai. Lakukan sesuai instruksi dan hati-hati, jangan sampai salah.

Namun, apabila kamu benar-benar awam soal ini, datang saja ke Service Center atau Tukang Servis HP terdekat yang bisa melakukan flashing HP mana pun.

Harganya pun terjangkau karena hanya mengoperasikan HP dengan Laptop/PC sebagai alatnya, bukan mengganti komponen dalam HP.

Akhir Kata

Sekianlah sekiranya pembahasan cara blokir - menghilangkan iklan yang muncul di HP Android. Semua metode di atas bisa diterapkan seluruh merek HP seperti ASUS, Infinix, Oppo, Realme, Redmi, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan lain-lain.

Semoga dari beberapa poin di atas dapat ampuh membantu dalam menghilangkan iklan (popup) muncul tiba-tiba yang mengganggu.

Suka dengan perkembangan digital, karena itu saya mencoba terjun ke Dunia Blogger.
© Paling IT. All rights reserved. Distributed by Pixabin