2 Cara Mudah Cek Sensor Kamera Xiaomi Terbaru 2023

cek sensor kamera Xiaomi

Ponsel Xiaomi punya beberapa fitur unggulan, salah satunya sensor kamera. Namun demikian, tidak sedikit pengguna yang masih bertanya-tanya bagaimana cek sensor kamera Xiaomi. Untuk itu,  penting bagi Anda untuk tahu lebih lanjut mengenai fitur sensor kamera ini.

Memang, secara pabrikan bentuk kamera Xiaomi mungkin sama. Namun, sensor yang produsen tanamkan pada kamera utama maupun kamera depan Xiaomi berbeda-beda. Sensor itu juga yang memengaruhi kualitas gambar yang Anda hasilkan. Lebih lanjutnya, simak artikel ini!

Seberapa Penting Sensor Kamera?

Gambar yang Anda hasilkan dari sebuah kamera smartphone, baik itu berupa foto maupun video, akan beragam. Salah satu yang memengaruhi kualitas gambar tersebut adalah sensor yang terdapat pada ponsel. Maka dari itulah Anda sudah sepantasnya tahu spesifikasi sensor kamera yang Anda pakai.

Seperti halnya handphone merek lain, Xiaomi hadir dalam berbagai pilihan tipe. Setiap tipe ponsel pabrikan China ini punya spesifikasi yang berbeda. Satu di antara yang menjadi faktor pertimbangan Anda tentu kamera, bukan?

Bagi Anda yang suka mengabadikan gambar, kualitas kamera yang mumpuni tentu menjadi pertimbangan penting. Apa lagi jika Anda menggunakan smartphone merek Xiaomi. Cek sensor kamera Xiaomi adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan kualitas kamera Anda.

Ketika membeli sebuah smartphone, Anda tidak boleh hanya terpaku pada desainnya saja. Lebih dari itu, kualitas dan fungsionalitasnya juga patut Anda jadikan alasan memilih merek tersebut. Demikian pula dengan kamera, jangan mudah tergoda dengan iming-iming resolusi tinggi.

Ada kalanya smartphone yang punya resolusi kamera tinggi tidak memiliki sensor yang cukup mumpuni. Alhasil, gambar yang Anda hasilkan jadi tidak maksimal dan justru malah mengecewakan. Maka dari itu, Anda tidak bisa mengabaikan sensor kamera untuk mengabadikan setiap momen berharga Anda.

Saat ini, penilaian sebagian besar pengguna masih menganggap sensor Sony menjadi yang terbaik dan menghasilkan gambar paling jernih. Sensor ini juga terpasang pada beberapa perangkat Xiaomi. Untuk itu, cobalah cek sensor kamera Xiaomi Anda, apakah menggunakan produk yang tepat atau tidak.

Sensor Kamera dan Fungsinya

Secara harafiah, sensor kamera merupakan perangkat bertugas untuk mengubah gambar yang lensa tangkap. Sensor sendiri punya beragam ukuran dan tersusun atas berbagai sel yang nantinya akan merepresentasikan piksel.

Di dalam sensor, ada prosesor yang akan mengubah tangkapan gambar – misalnya, cahaya yang masuk – menjadi warna. Hasil dari seluruh sel sensor ini nantinya akan bersatu dan membentuk kesatuan gambar yang utuh.

Ukuran sensor menentukan banyaknya tangkapan cahaya yang mampu diterima dan diproses. Maka tidak mengherankan, dengan jumlah piksel yang sama, sensor berukuran lebih besar dapat menghasilkan kualitas gambar lebih mumpuni.

Umumnya, besaran ukuran sensor juga akan menentukan ukuran lensa. Lensa yang besar ini punya aperture (bukaan) yang lebih besar pula. Aperture merupakan penyimpan cahaya, sehingga tidak heran jika sensor yang besar dapat menghasilkan kualitas foto low light yang lebih baik.

Xiaomi sendiri memiliki ponsel yang memiliki sensor kamera yang cukup mumpuni. Anda bisa melakukan cek sensor kamera Xiaomi secara mandiri tanpa harus membongkarnya. Untuk lebih jelasnya, langkah-langkah melakukan pengecekan sensor kamera Xiaomi ada pada penjelasan berikut.

Cara Cek Sensor Kamera Xiaomi

Pada kesempatan ini, ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui tipe sensor kamera pada HP Xiaomi. Namun, cara ini berlaku untuk semua tipe, sehingga bisa Anda aplikasikan dengan mudah. Berikut caranya.

1. Lewat Pengaturan

Cara untuk cek sensor kamera Xiaomi yang pertama adalah dengan melihat pada menu pengaturan. Anda dpaat melihat informasi mengenai smartphone Anda, termasuk sensor kamera yang terpasang di sana. Untuk langkahnya, yakni sebagai berikut:

Adapun kode sensor ini sendiri berbeda-beda bagi setiap produk. Beberapa kode yang mungkin Anda temukan setelah cek sensor kamera Xiaomi, antara lain:

2. Lewat USSD

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk cek sensor kamera Xiaomi adalah dengan mengakses kode USSD. Langkah-langkahnya, yakni:

Demikianlah cara cek sensor kamera Xiaomi yang bisa Anda aplikasikan dengan mudah. Pastikan langkah yang Anda ikuti sudah sesuai untuk mendapatkan informasi sensor kamera yang benar.

Exit mobile version